10 Startup Lokal Terpopuler di Kalangan Para Pencari Kerja

cari kerjaIndustri digital di Indonesia terus tumbuh pesat seiring perkembangan teknologi dan meningkatnya dukungan terhadap infrastruktur. Menurut riset yang dilakukan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), selama 2014, jumlah pengguna Internet di Indonesia telah mencapai 88,1 juta pengguna.

Angka tersebut menggambarkan pertumbuhan sebesar 16,2 juta pengguna dibanding tahun sebelumnya. Di sisi lain, jumlah penduduk Indonesia kini mencapai lebih dari 250 juta jiwa.

Ini menggambarkan besarnya penetrasi Internet di negeri ini, yakni sekitar 35%. Tak heran jika saat ini semakin banyak startup (perusahaan rintisan berbasis Internet) lahir di Indonesia. Lalu, startup mana saja yang paling menarik pengguna Internet Indonesia?

Selama bulan November 2015, Jobplanet melakukan riset khusus untuk itu. Hasilnya, ternyata Tokopedia merupakan startup yang lamannya paling banyak dilihat pengguna platform komunitas online untuk berbagi informasi seputar dunia kerja dan perusahaan tersebut.

“Selama ini, kebanyakan pencari kerja mengincar perusahaan besar dan mapan. Sementara startup masih dipandang sebagai perusahaan yang kurang mapan dan belum bisa memberikan jaminan ataupun benefit yang cukup untuk mensejahterakan para karyawannya,” sebut Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet Indonesia.

Meski demikian, Kemas menambahkan, berdasarkan hasil penelusuran, ternyata cukup banyak pengguna Jobplanet—yang tak lain juga merupakan para pencari kerja—tertarik dan ingin mengetahui seluk-beluk bekerja di startup. “Hal ini terlihat dari cukup tingginya jumlah kunjungan ke laman-laman yang berisi profil serta review mengenai startup,” ucapnya.

Berikut ini sepuluh startup yang paling banyak menarik perhatian pencari kerja di Indonesia di penghujung tahun 2015:

1. PT Tokopedia atau Tokopedia (49,17%)
2. PT Traveloka Indonesia atau Traveloka (12,28%)
3. PT Go-Jek Indonesia atau Go-Jek (12,00%)
4. PT ECart Services Indonesia atau Lazada (8,62%)
5. PT Kreatif Media Karya atau KMK Online (3,90%)
6. PT Darta Media Indonesia atau Kaskus (3,46%)
7. PT Bhinneka Mentari Dimensi atau Bhinneka.com (3,27%)
8. PT Global Digital Niaga atau Blibli.com (2,95%)
9. PT OLX Indonesia atau OLX (2,31%)
10.PT Fashion Eservices Indonesia atau Zalora (2,04%)

“Sebagai penyedia online platform untuk berbagi informasi seputar dunia kerja dan perusahaan, kami berharap dapat membantu para pencari kerja untuk mendapatkan informasi terpercaya tentang seluk-beluk perusahaan idaman mereka,” sebut Kemas. “Sehingga, mereka dapat mempersiapkan karir yang terbaik sesuai dengan talenta yang mereka miliki,” ungkap Kemas.