App Qraved Rilis Daftar 10 Makanan Paling Dicari Tahun 2015

nasi gorengJAKARTA, PCplus – Jelang akhir tahun, banyak perusahaan mengeluarkan statistik. Kali ini tentang makanan. Adalah aplikasi direktori kuliner Qraved yang merilis daftar 10 makanan paling dicari sepanjang tahun 2015.

Yang menarik, Top 3 diduduki oleh makanan lokal. Makanan lokal ini mengalahkan makanan-makanan asal negara lain, seperti pizza, burger, ramen dan sushi, ketika orang Indonesia makan di luar.

Jadi apa dong makanan yang paling banyak dicari tahun ini? Makanan pertama yang paling banyak dicari adalah nasi goreng. Orang Indonesia memang sulit lepas dari nasi ya. Kalau belum makan nasi, belum makan katanya.

Di urutan kedua adalah Ayam Goreng. Tak heran jika banyak sekali restoran dan rumah makan serta warung yang jualan ayam goreng.

Urutan ketiga adalah Bakso. Kaum perempuan biasanya doyan makanan yang satu ini.

Makanan asal negara Barat, yakni pizza dan burger, ada di peringkat empat dan lima.

Kemudian dalam urutan ke-enam ada makanan legendaris asal Jepang, yaitu Sushi. Gado-gado atau yang dikenal sebagai salad asli Indonesia menempati urutan ke-tujuh. Makanan asal Sumatera Barat, Rendang ada diurutan ke-delapan.

Kebab ada di urutan ke-sembilan dan juru kunci adalah Ramen.

Selain data di atas, Qraved juga menghimpun data makanan yang paling sering dicari berdasarkan kategori masakan. Dalam kategori Western Cuisine, Pizza dari Italia terpilih sebagai urutan pertama. Makanan kedua adalah Burger, diikuti Sandwich, Pasta dan Salad.

Makanan dari Jepang seperti Sushi, Ramen dan Shabu-shabu mendominasi kategori Asian Cuisine dalam urutan satu, dua dan tiga. Sedangkan Dim sum berada di urutan keempat dan Tom Yum di urutan kelima.

Kalau untuk restoran, yang paling banyak dicari (berdasarkan reservasi) adalah restoran masakan Indonesia (52%). Di urutan kedua adalah restoran Chinese Food (20%). Restoran Japanese Food ada di urutan berikutnya (12%), diikuti oleh restoran American Food (8%) dan restoran Italian Food (7%). Sisa 1% dibagi oleh restoran Korean Food, Mediterranean Food dan lain-lain

Omong-omong, ternyata rata-rata masyarakat Indonesia menghabiskan US$ 30 miliyar untuk makan di luar setiap tahunnya loh. Angka tersebut akan terus naik hingga lima tahun kedepan, seiring dengan perkembangan industri kuliner.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer