Ingin Pindah Kerja? Ini 10 Perusahaan Idaman di Indonesia

10 Perusahaan Idaman - JobplanetDalam sebuah kesempatan, Jobplanet, sebuah platform komunitas untuk berbagi informasi seputar dunia kerja dan review mengenai perusahaan, mengadakan survei untuk mengetahui perusahaan apa saja yang paling diidamkan oleh para pekerja di Indonesia. Dalam kesempatan tersebut, Jobplanet juga meneliti alasan mengapa perusahaan tersebut menjadi perusahaan idaman. Mulai dari suasana kerja, gaji, serta pertanyaan dalam wawancara kerja.

Dari data yang terkumpul, ternyata PT Pertamina (Persero) merupakan perusahaan yang paling diidamkan oleh para pencari kerja di Indonesia. Hasil tersebut diperoleh berdasarkan analisis data Jobplanet terhadap 27.915 pengguna, serta ketertarikan mereka terhadap perusahaan-perusahaan yang terdaftar dalam website tersebut.

“Informasi ini dikumpulkan oleh Jobplanet berdasarkan data ketertarikan para pengguna dari berbagai level pekerjaan, mulai dari level staf pemula hingga level manajer,” sebut Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet Indonesia. ” Mereka memiliki alasan-alasan yang berbeda dalam memilih perusahaan-perusahaan idaman mereka,” sebutnya.

Kemas menyebutkan, dari data yang mereka temukan, terungkap bahwa gaji atau tunjangan bukanlah satu-satunya poin yang menjadi pertimbangan karyawan dalam menilai perusahaan. “Faktor lain yang tak kalah penting adalah suasana kerja yang kondusif serta kesempatan yang diberikan oleh perusahaan bagi karyawannya untuk berkembang,” sebut Kemas.

Berikut ini daftar 10 perusahaan idaman para pekerja di Indonesia:
1. PT Pertamina (Persero)
2. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI)
3. PT Bank Mandiri Tbk
4. PT Bank Central Asia Tbk (BCA)
5. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom)
6. PT Chevron Pacific Indonesia
7. PT Unilever Indonesia Tbk
8. PT Indofood Sukses Makmur Tbk
9. PT Astra Honda Motor
10.PT Bank Negara Indonesia (BNI)

Di Indonesia, Jobplanet sudah beroperasi sejak Agustus 2015. Hingga pertengahan November 2015, komunitas ini telah memiliki lebih dari 140.000 anggota dan telah mengumpulkan sebanyak 70.000 review dalam database-nya, yang terdiri dari review perusahaan, review gaji, dan kisi-kisi pertanyaan wawancara. Sementara, jumlah perusahaan yang telah terdaftar dalam database Jobplanet telah mencapai 15.000 perusahaan.