Lumia 950, Bikin Kerja di Smartphone Layaknya di PC

lumia 950-1JAKARTA, PCplus – Dengan Lumia 950, pengguna bisa bekerja di smartphone dengan OS Windows 10 ini layaknya ketika ia memakai PC. Begitu tegas Irwan Irwan Hermawan (Channel Marketing Manager, Microsoft Mobile Devices Sales Indonesia) dalam jumpa pers di Jakarta (4/12/2015).

Kok bisa begitu? Ini berkat fitur Continuum yang ada di Windows 10. Lalu bagaimana memakai ponsel sebagai PC? Hmm, kamu harus mem-pairing keyboard dan mouse Bluetooth ke Lumia, dan menggunakan monitor PC atau TV sebagai layar utama. Kalau kamu sering mengetik dokumen berpanjang-panjang, tawaran Lumia 950 ini pasti menarik.

Untuk mengoneksikan layar yang lebih besar (TV atau monitor PC), kamu bisa memilih satu dari dua cara ini. Kalau pakai TV yang mendukung fitur Miracast, kamu bisa me-Miracast-nya, secara nirkabel atau pakai dongle. Jangan lupa pakai app Continuum yang preload untuk mengalirkan sinyal dari ponsel.

Cara kedua adalah menggunakan kabel dengan Microsoft Display Dock. Yang ini dijual terpisah dari Lumia 950 seharga Rp 1,999 juta.

Nah, begitu semua terkoneksi, kamu bisa mulai bekerja dari smartphone seperti pakai PC. Kamu bisa berbagi-pakai presentasi PowerPoint, dokumen Word, spreadsheet Excel atau video ke grup dan menampilkannya ke sebuah layar besar. Ketika presentasi selesai, kamu tinggal meng-undock ponsel, dan meneruskan kerja di spreadsheet misalnya.

O ya, kamu tidak akan bingung dengan tampilan di ponsel Microsoft ini karena OS-nya sama dengan yang di PC, yakni Windows 10. “Tampilannya sama di semua platform. Kalau sudah pakai Windows 10 di PC, sama experience-nya dengan di mobile,” terang Irwan.

Di smartphone yang memiliki sensor kamera 20 megapiksel ini, juga sudah tersedia Office 365, program suite sama yang kamu pakai di PC.

Smartphone ini sudah terintegrasi dengan voice assistant Cortana yang bekerja di semua perangkat Windows 10. Cortana yang merupakan saingan Apple Siri bisa memberikan update tentang berita, mengirimkan pesan, membuatkan janji, atau memberikan info tentang jadwal penerbangan, mengunduh peta offline dan mengingatkan janjimu melalui kalender.

Windows Hello Beta pun terpasang. Jadi kamu tak perlu menyapukan (swipe) jemarimu di layarnya saat ingin membuka ponsel. Cukup tatap saja layar Lumia 950 yang seluas 5,2″ itu. Lumia 950 akan mengenali iris mata kamu dan membukakan kunci layar ponsel. Orang lain tidak akan bisa membuka layar Lumia 950 dengan cara ini.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer