Friday, April 19, 2024
Baru TerbitBerita Teknologi

SEBANGSA Luncurkan Gerakan Bangkit Komunitas 2016 dan KOMUNITA.ID

sebangsa

SEBANGSA, platform media sosial Indonesia dengan Hari Komunitas Nasional meluncurkan gerakan Bangkit Komunitas 2016 dan KOMUNITA.ID bertempat di Ruang Serbaguna KOMINFO, Gedung Kementerian Komunikasi & Informatika, Jakarta Pusat. Gerakan Bangkit Komunitas 2016 ini terselenggara atas dukungan penuh dari BUKALAPAK serta turut didukung oleh Telkom Indonesia dan Astra Internasional.

Bangkit Komunitas 2016 merupakan sebuah gerakan yang bertujuan untuk mengajak seluruh komunitas di Indonesia untuk bangkit, bersatu dan berbuat yang terbaik untuk NKRI. Pasalnya, sejak awal berdiri, ide negara Indonesia yang terdiri dari berbagai suku bangsa dan ribuan pulau bermula dari berbagai komunitas dan ikatan sosial yang bersatu.

Selama ini komunitas juga dikenal sebagai ikatan sosial yang berfungsi untuk mendapat dan menyebarkan informasi, serta    membangun kesatuan untuk mencapai tujuan bersama. Ikatan sosial antarindividu dalam komunitas dan antarkomunitas yang satu dengan yang lainnya lah yang hingga kini membentuk jati diri Indonesia.

Enda Nasution, Founder dan CEO SEBANGSA menuturkan, “Pertumbuhan komunitas di Indonesia kini tidak bisa dipisahkan dari kehadiran teknologi digital, sejak media sosial dan teknologi gawai hadir di tahun 2009 maka sangat terasa pengaruhnya pada komunitas-komunitas di Indonesia. Dukungan terhadap kegiatan komunitas perlu didorong lagi dengan informasi yang cukup, inspirasi    dari para tokohnya dan juga wadah dengan fitur-fitur yang mumpuni. Hal inilah yang melatarbelakangi munculnya gerakan Bangkit Komunitas 2016.”

Di dalam gerakan Bangkit Komunitas 2016 terdapat 3 elemen pendukung, yaitu Kamar Penasihat Komunitas, Situs Online Komunitas (www.komunita.id), dan SEBANGSA sendiri sebagai Media Sosial untuk membangun komunitas. Kamar Penasihat Komunitas sebagai sumber inspirasi dalam membangun dan membesarkan komunitas, SEBANGSA sebagai sebagai wadah interaksi antarkomunitas, dan KOMUNITA.ID sebagai pusat informasi komunitas.

Menurut Indira B.Widjonarko, Chairwoman & Founder SEBANGSA dan KOMUNITA.ID, situs KOMUNITA.ID menghadirkan informasi komunitas secara lengkap. Mulai dari direktori komunitas, liputan kegiatan, profil komunitas, profil penggagas komunitas, hingga tips ala komunitas pun tersaji dengan lengkap.

Rangkaian kegiatan Bangkit Komunitas 2016 sendiri akan berlangsung hingga Juni 2016 diisi dengan pembuatan modul-modul informatif tentang komunitas, workshop, kopdar-kopdar dan pelatihan komunitas di 4 kota, Jakarta, Surabaya, Bandung dan Yogyakarta.

Acara peluncuran juga dimeriahkan dengan talk show bertema “Komunitas Indonesia, Harapan dan Tantangan” yang menghadirkan narasumber-narasumber yang tak asing lagi namanya di kalangan komunitas se-Indonesia, yaitu Enda Nasution (Founder & CEO Sebangsa), Asep Kambali (Komunitas Historia Indonesia & Paguyuban Asep Dunia), Valencia Mieke Randa (Blood for Life & Rumah Harapan), dan Shafiq Pontoh (Ayah ASI & Indonesia Berkebun) dengan Moderator Taufan Akbari (Hari Komunitas Nasional).

Dayu Akbar

Penulis PCplus dengan spesialisasi review produk dan tutorial. Menyukai hentakan musik metal dan makan enak.