SHARP Luncurkan TV Baru Setara 8K

SHARPLuncurkanTVBaruSetara8K-1

Jakarta, PCplus – SHARP baru saja secara resmi menghadirkan dua TV terbarunya di Indonesia, LC-80XU930X dan LC-70XU830X, yang diklaim mampu menghasilkan gambar dengan resolusi yang setara 7.680 x 4.320 pixel alias 8K Ultra HD. Kedua TV ini sebenarnya adalah TV Ultra HD yang menggunakan panel 4K alias 3.840 x 2.160 pixel, namun memanfaatkan dua teknologi khusus dari SHARP, yakni Quattron Pro untuk panel dan prosesor X8 Master Engine Pro untuk 8K upscaling. Berhubung bisa menawarkan resolusi yang lebih tinggi dari 4k Ultra HD, baik LC-80XU930X yang berukuran 80 inci maupun LC-70XU830X yang berdiagonal 70 inci, ditujukan untuk kelas high end alias premium. Peranti ini cocok untuk mereka yang ingin menonton konten 4K (bukan 8K) Ultra HD yang kini sudah lebih banyak tersedia dengan resolusi yang lebih mumpuni.

Tentunya tidak hanya resolusi tinggi yang ditawarkan oleh kedua TV yang masuk jajaran AQUOS Super Premium XU ini. SHARP LC-80XU930X dan SHARP LC-70XU830X memiliki color gamut yang lebih luas dari kebanyakan TV berhubung menggunakan sub pixel RGBY (Red Green Blue Yellow) dan bukannya RGB seperti kebanyakan TV plus sistem LED untuk backlight yang baru. Kombinasi yang menghasilkan color gamut sampai 40% lebih luas ini disebut dengan Rich Colour Pro. Selain itu, kedua peranti tersebut dilengkapi pula dengan contrast ratio tinggi yang bisa memberikan hitam yang lebih pekat dan putih yang lebih terang dan disebut dengan Ultra Dynamic Range Pro.

“Dengan teknologi Quattron Pro dan X8 Master Engine, ini dihasilkan empat pixel. Empat pixel ini bila kita bandingin dengan panel 4K, itu sama,” jelas Ardy (Senior Manager, REF, AUVI & SHA Department, Product Planning Division dari PT. SHARP Electronics Indonesia) mengenai konsep yang digunakan oleh SHARP pada TV Full HD tertentunya yang bisa memberikan resolusi setara TV 4K Ultra HD.  “Konsep yang sama kita terapkan di panel 4K. Panel 4K yang di bawah ini kita beri Quattron Pro, teknologi Quattron Pro dan X8 Master Engine. Bisa dilihat bahwa bentuknya itu ekivalen, sama dengan real 8K panel. Jadi, resolusi yang dihasilkan oleh XU Series ini setara dengan 8K panel,” imbuh Ardy lebih lanjut.

Hadirnya TV setara 8K Ultra HD ini tentunya melengkapi jajaran TV Ultra HD SHARP yang baru memulai penjualannya di Indonesia pada tahun 2015 lalu. Peluncuran ini juga sekaligus menunjukkan optimisme SHARP terhadap pasar di Indonesia. Wajar saja berhubung pada tahun 2015, menurut SHARP, pasar TV LED di Indonesia bertumbuh sebesar 7,2% dibandingkan 2014 dan SHARP sendiri berhasil bertumbuh lebih besar lagi sebesar 16,9% dibandingkan 2014.

“Selain memperkuat organisasi, kami juga meningkatkan keunggulan produk kami. Di tahun 2016 kami akan banyak meluncurkan produk baru,” ujar Fumihiro Irie (President Director PT. SHARP Electronics Indonesia).

SHARP LC-80XU930X ditawarkan dengan harga Rp189,9 juta dan LC-70XU830X dilepas dengan harga Rp129,9 juta. Keduanya telah dilengkapi dengan Android TV sehingga penggunanya bisa menikmati berbagai macam konten yang tersedia di internet maupun aneka aplikasi yang tersedia di Store. Pemanfaatan Android TV yang memang ditujukan untuk peranti seperti ini dan bukannya menggunakan Android untuk smartphone, tentunya membuat TV Ultra HD tersebut menawarkan user experience yang lebih optimal.

 

 

Cakra

Staff laboratorium perangkat keras PT. Prima Infosarana Media. Memiliki spesialisasi pada pengujian perangkat elektronik seperti motherboard, prosesor dan komponen lain.