Yuk, Intip Spesifikasi Moto 360 Generasi Kedua

 

moto 360 cognac brownJAKARTA, PCplus –  Merek jam pintar yang beredar makin banyak. Salah satu yang akan segera meramaikan pasar Indonesia adalah Moto 360.

Ya ini adalah produk dari Motorola. Namun karena Motorola sudah diakuisisi Lenovo, jam pintar Moto 360 generasi kedua ini akan didistribusikan oleh Lenovo Indonesia. Generasi pertamanya sendiri tidak sempat dimasukkan ke Indonesia.

Moto 360 generasi kedua, tutur Efendi Susanto (Lead Trainer, MBG PT Lenovo Indonesia) pada sneak preview di Jakarta (11/3/2016), ditanami prosesor Qualcomm Snapdragon 400 quad-core 1,2GHz dengan GPU Adreno 305 450MHz, dan RAM 512MB. Sedangkan untuk memori internal tersedia 4GB.

Sensor Accelerometer, Ambient Light, Gyroscope, dan Vibration/Haptics engine sudah terpasang. Plus optical hear rate monitor untuk memantau detak jantung pengguna Moto 360 generasi kedua.

Bagian belakang Moto 360 2nd gen
Bagian belakang Moto 360 2nd gen

Kamu bisa menghubungkan Moto 360 2nd gen ke ponsel Android atau iPhone via Wi-Fi 802.11 b/g. Kamu juga bisa mengoneksikannya ke speaker atau headset Bluetooth (mendukung Bluetooth 4.0 Low Energy) untuk mendengarkan musik yang sudah disinkronasikan dari ponselmu.

Kalau kamu memasang app dari Play store, kamu bisa menggunakannya untuk merekam suara. Ada dua digital mic terpasang di jam tangan pintar ini.

Tak usah kuatir layar backlit LCD-nya cacat tergores saat kamu mengenakannya. Sebab Lenovo menggunakan Corning Gorilla Glass 3 yang tahan goresan. Kamu juga tak usah melepas Moto 360 2nd gen dari pergelangan tangan saat ingin mencuci tangan atau hari hujan. Sebab jam tangan ini tahan percikan air, alias menyandang sertifikasi IP67 dust and water resistant.

Moto 360 2nd gen tidak akan rusak  kalau kamu tak sengaja ‘menenggelamkannya di air tawar sedalam 3 kaki (sekitar 90 cm) tidak lebih dari 30 menit. Tapi jangan membawanya berenang ya atau menyemprotnya dengan air, karena ia cuma water resistant, bukan waterproof. Tapi strap-nya yang terbuat dari kulit itu tak tahan air ya!

moto 360 42mmJam tangan ini tersedia dalam dua ukuran diameter (46 mm dan 42 mm), dengan ketinggian 11,4mm. Yang 46 mm ditujukan untuk pria, sedangkan yang 42 mm ditujukan pada pria dan wanita. Untuk wanita disediakan strap berwarna rose gold dengan lebar 16 mm, sedangkan untuk pria strapnya berwarna cognac brown.  

Untuk baterai, Lenovo menanamkan tipe Li-Ion dengan kapasitas 400mAh untuk yang berdiameter 46 mm, dan 300mAh untuk yang berdiameter 42 mm. Menurut Efendi, baterai 300mAh bisa bertahan seharian jika fitur Ambient aktif, atau sampai 1,5 hari jika Ambient dimatikan. Sedangkan yang 400mAh tahan sampai 2 hari dengan Ambient dimatikan, atau sekitar sehari jika Ambient aktif.

moto 360 dockingPengisian baterainya secara nirkabel dengan charging dock yang disertakan. Tinggal letakkan badan jam tangan di atas charging dock, dan daya baterai akan disegarkan. Berapa lama? Menurut Efendi, butuh sekitar 1 jam untuk mencapai kondisi 100%.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer