Sedang Diuji Facebook, Sistem Wi-Fi Publik Kecepatan Tinggi

Menurut Faceobok, menyebarkan antena seperti ini di kota-kota bisa menyediakan akses data yang lebih cepat

Menurut Faceobok, menyebarkan antena seperti ini di kota-kota bisa menyediakan akses data yang lebih cepat

JAKARTA, PCplus – Bisa tidak ya perangkat mobile mengakses data dengan laju secepat broadband fiber optik yang tercepat? Jawabnya ada di tangan Facebook.

Teknologi untuk mengantarkan broadband dengan kecepatan serupa melalui udara sedang dikembangkan Facebook. Jejaring sosial ini telah membangun sebuah jaringan nirkabel prototipe kecil di kampusnya di Menlo Park, California, AS yang dapat melayani data pada kecepatan di atas 1Gbps. Kecepatan ini sama dengan yang ditawarkan Google Fiber dan nyaris 100x lebih cepat daripada koneksi broadband rata-rata AS. Akhir tahun ini, Facebook akan mengoperasikan jaringan uji dengan skala lebih besar di San Jose, dan uji-uji serupa akan dilakukan di sejumlah kota lain di seluruh dunia.

“Kami akan bisa menggunakan solusi Wi-Fi urban kapasitas-tinggi untuk membuat lebih banyak orang online dengan harga lebih terjangkau,” kata Jay Parikh (Head of Infrastructure and Engineering at Facebook).

Parikh mengatakan, jaringan fiber seperti Google terlalu sulit dan mahal untuk dipasang di daerah-daerah urban untuk mencapai setiap penghuni kota, bahkan di negara-negara yang paling maju. Infrastruktur nirkabel seharusnya lebih murah dan mudah dipasang, katanya.

Proyek Facebook, dijuluki Terragraph, dibangun di sekitar teknologi nirkabel baru yang disebut WiGig. WiGig sedang dikembangkan untuk gadget masa depan dari perusahaan seperti Samsung, Intel, dan produsen chip mobile Qualcomm. Menurut Facebook, menyebarkan antena seperti ini di kota-kota bisa memberikan akses data nirkabel yang lebih cepat.

Facebook ingin menyelimuti daerah-daerah urban dengan sinyal WiGig dari peralatan yang dipasang di tiang lampu dan perangkat yang terpasang di jalanan. Jaringan ini bisa langsung melayani perangkat mobile dan menyediakan koneksi ke bangunan, atau menyediakan backbone kapasitas-tinggi untuk jaringan Wi-Fi konvensional dan selular.

WiGig serupa dengan Wi-Fi. Maksudnya, berbeda dengan jaringan seluler, ia beroperasi pada radio band yang tidak dikendalikan oleh satu perusahaan saja.  Tapi gelombang radio 60GHz yang dipakai WiGig mampu mengemaskan lebih banyak informasi. Standar ini juga dirancang sedemikian rupa sehingga lebih handal. Facebook membangun jaringan ujinya dengan menggunakan peralatan WiGig yang sudah tersedia secara komersial.

Facebook menyebutkan tidak akan secara langsung menarik uang dari teknologi nirkabel barunya. Perusahaan ini berniat menawarkannya secara gratis dengan harapan perusahaan telekomunikasi akan menggunakannya. “Kami ingin menunjukkan bahwa memungkinkan untuk membangun jaringan untuk mempercepat orang terkoneksi ke Internet,” kata Parikh.

Hmm, pemimpin Facebook Mark Zuckerberg memang punya keinginan untuk membantu negara-negara miskin berkembang lebih cepat dengan cara memperluas akses Internet. Namun memperluas akses ke broadband kecepatan-tinggi juga akan mendongkrak produk-produk Facebook yang memberikan pemasukan bagi perusahaan tersebut.

Tanggapan Kamu

komentar