Ini Dia Pemenang Imagine Cup 2016

 

Para pemenang kompetisi pengembang aplikasi tingkat nasional Imagine Cup 2016 yang digelar Microsoft Indonesia bersama Bank Mandiri di Jakarta (6/4/2016)
Para pemenang kompetisi pengembang aplikasi tingkat nasional Imagine Cup 2016 yang digelar Microsoft Indonesia bersama Bank Mandiri di Jakarta (6/4/2016)

JAKARTA, PCplus – Babak final kompetisi Imagine Cup 2016 tingkat nasional yang digelar Microsoft Indonesia bersama Bank Mandiri baru saja berakhir. Dari sembilan tim finalis yang berlaga akhirnya muncul tiga tim jawara, masing-masing untuk kategori Games, World Citizenship dan Innovation.

Siapa saja mereka? Di kategori Games, pemenangnya adalah tim None Developers dari universitas Trunojoyo Madura. Nama aplikasi mereka adalah Froggy & The Pesticide. Game ini ditokohi Froggy yang ingin mengganti pestisida yang beracun dengan biopestisida.

Untuk kategori World Citizenship, jawaranya adalah tim Garuda45. Para mahasiswa dari University of Edinburg, University College London, dan King’s College London ini mengusung aplikasi bertajuk TB DeCare. App ini merupakan sistem terintegrasi pendeteksi bakteri tuberkulosis (TB) melalui dahak pasien dan mikroskop portabel.

Di kategori Innovation, tim Hoome Studio dari Institut Teknologi Bandung dan Telkom University menjadi pemenang. Aplikasi Hoome yang diketengahkan tim ini merupakan aplikasi rumah pintar yang berbeda dengan yang ada. Hoome menyebar sensor ke pengguna, bukan ke lingkungan dan merekam kondisi user dengan tiga wearable devices (EEG, EMG dan smartwatch).

Ketiga tim ini akan mewakili Indonesia dalam tahap semifinal tingkat dunia di kawasan Asia Pasifik. Mereka harus berjuang memerebutkan tiket ke tahap final Imagine Cup 2016 tingkat dunia di Seattle, AS. Saingannya, kata Anthonius Henricus (Developer Experience & Evangelism Director, Microsoft Indonesia) dalam jumpa pers di Jakarta (6/4/2016) beberapa jam sebelum pengumuman pemenang, adalah 33 tim terbaik dari seluruh dunia.

Semoga nanti mereka lolos babak semifinal Asia Pasifik ya!

 

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer