Asus ZenBook 3, Kalahkan Ketipisan Apple MacBook

asus zenbook3TAIPEI, PCplus – Awal 2015, Apple berharap bisa merevolusi notebook kategori tipis dan enteng melalui MacBook 12”. Namun kinerjanya kurang mantap jika dibandingkan harganya yang mulai dari US$ 1299. Belum lagi port USB-C-nya yang hanya satu itu dipakai untuk charging sekaligus ekspansi.

Update Apple tahun berikutnya tak lantas membuat semua orang menyukainya. Namun para produsen PC justru terpicu untuk membuat produk serupa. Salah satunya adalah Asus.

Baru saja Asus mengumumkan ZenBook 3-nya, yang merupakan notebook tipis premium. ZenBook 3 ini tebalnya hanya 11,9mm, lebih tipis dibandingkan MacBook yang 13,1mm. Dari sisi bobot, ZenBook 3 juga lebih ringan. Kalau MacBook berbobot 2,03 pound, ZenBook 3 ‘cuma’ 2 pound.

Chassis ZenBook 3 dibuat dari alumunium alloy kelas aerospace, yang menurut Asus 50% lebih kuat dibandingkan alumunium alloy biasa yang dipakai para saingannya. Asus menawarkan pilihan warna chassis  Royal Blue, Rose Gold and Quartz Grey.

Kendati badannya sangat tipis, Asus berhasil menanamkan sebuah kipas ke dalam badan ZenBook 3. Kipas setebal 3mm — tertipis di dunia — itulah yang membuat ZenBook 3 bisa dipasangi prosesor Intel Core i7.

asus zenbook 3aFitur lainnya mencakup displai Full HD 12,5”, RAM maksimal 16GB  2133MHz, SSD PCIe maksimal 1TB, trackpad kaca, built-in fingerprint reader, sistem tata suara 4-speaker Harman Kardon, dan full-size backlit keyboard dengan 19,8mm key pitch dan 0,8mm key travel.

Untuk baterai, menurut Asus bisa bertahan sampai 9 jam sekali pengisian (MacBook bisa 10 jam). Baterai ini menggunakan teknologi fast-charging yang bisa mengisi daya sampai 60% (dari 0%) dalam waktu 49 menit.

Untuk konektivitas, seperti MacBook, ZenBook 3 dibekali satu port USB-C. Bedanya, Asus juga menambahkan dukungan Thunderbolt 3.

Asus ZenBook 3 akan dijajakan  dengan harga mulai US$ 999 untuk yang berprosesor Intel Core i5 dengan RAM 4GB dan SSD 256GB. Jika ingin SSD berkapasitas 512GB, kamu harus membayar US$ 1499. Sedangkan jika ingin yang pakai Intel Core i7, RAM 16GB, SSD 1TB, harganya menjadi US$ 1999.

Eh tapi belum ada kabar kapan Asus ZenBook 3 akan tersedia di pasar.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer