Bongkar Rahasia Lensa EF-nya, Canon Rilis Video Deep Inside

 

lensa canon efJAKARTA, PCplus – Mungkin di antara kamu ada yang terheran-heran dengan harga lensa yang sangat mahal, puluhan ribu dolar AS. Apa sih yang membuatnya begitu mahal?

Nah Canon menawari kamu video “Deep Inside” yang menunjukkan apa saja yang ada di dalam lensa EF200-400mm F4L IS USM Extender 1.4x-nya. Bagi yang tidak tahu, lensa Canon EF200-400mm F4L IS USM Extender 1.4x ini punya built-in teleconverter. Jadi kamu bisa mengubahnya menjadi lensa 280-560mm f/5.6 hanya dengan menggeser sebuah switch.

Hmm, bagi kita yang bukan fotografer, penjelasan di atas tidak ada artinya kan? Kalau begitu mari kita bicarakan ukuran. Lensa  200-400mm itu panjang banget, 14 inci. Juga berat. Bobotnya sekitar 7,9 pound. Lensa ini biasa dipakai para fotografer untuk memotret pertandingan bola. Harganya pun tak kira-kira, US$ 11.000.

Nah video Canon memperlihatkan ahwa di dalam lensa ini ada 33 elemen yang dibagi dalam 24 grup, termasuk Fluorite dan Ultra-Low Dispersion glass. Pokoknya segala sesuatu yang diharapkan ada di professional sports optic, seperti weathersealed magnesium alloy barrel, ultrasonic focus motor, dan image stabilisation yang menjanjikan manfaat empat stops.

Canon menyoroti sekitar 115 komponen individual, di luar sekrup dan baut.  Banyak dari komponen tersebut yang harus ditempatkan secara presisi agar kamera bisa bekerja sesuai harapan. Ingin tahu? Silakan tonton sendiri video Canon Deep Inside di YouTube ya.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer