Kenalkan Zenbo, Robot Pintar Pertama Asus

zenboTAIPEI, PCplus – Di ajang Computex 2016 di Taipei, Taiwan, Asus mengenalkan robot pertamanya. Zenbo namanya. Robot ramah ini dirancang untuk memberikan bantuan, hiburan dan pendampingan di rumah.

“Selama berdekade-dekade, manusia bermimpi punya pendamping seperti ini: yang cerdas, kita sayangi, dan selalu siap di sisi kita. Ambisi kami adalah memampukan robotic computing untuk setiap rumah tangga,” kata Jonney Shih (Chairman Asus).

Zenbo dirancang untuk semua orang, tetapi khususnya berguna untuk manula dan anak-anak. Robot ini bisa menyediakan pengingat yang diucapkan untuk janji dokter, jadwal obat atau latihan. Ia juga bisa memantau dan merespon situasi darurat.

Zenbo memberitahukan anggota keluarga tertentu di smartphone-nya kalau ada kecelakaan. Anggota keluarga juga bisa secara remote mengendalikan Zenbo untuk bergerak mendekat dan menggunakan kamera built-in-nya untuk secara visual mengecek orang tersayangnya setelah mendapat pemberitahuan.

Zenbo dapat menghibur anak-anak dengan nyanyian dan cerita. Ia dilengkapi kepustakaan built-in cerita dengan beragam suara, image dan pencahayaan. Zenbo juga menyerakan ensiklopedia interaktif yang ramah anak.

Robot ini juga berguna untuk mengerjakan tugas-tugas di rumah. Zenbo bisa terhubung dan mengontrol banyak perangkat smart home dan tradisional, termasuk lampu, TV dan AC. Ia bisa membaca resep masakan dan bertindak sebagai timer dapur. Pemilik rumah bahkan bisa memakai layar built-in Zenbo untuk melihat wajah tamu di depan pintu, lalu membukakan kunci pintu dengan sebuah perintah suara sederhana.

Saat pemilik rumah pergi,  Zenbo menyediakan kamera sekuriti yang dikendalikan dari jarak jauh (remote-controlled home security camera) yang bisa diakses dari mana saja via app smartphone.

Sayangnya Shih belum mengungkap kapan Zenbo akan dirilis. Namun harganya diperkirakan US$ 599. Melalui Zenbo Developer Program, Asus juga mengundang para developer untuk membantu membuatkan app bagi robotnya. Para anggota akan mendapatkan akses ke update software dan kepustakaan informasi via program gratis.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer