Keren Nih, Jaket Pintar Kerjasama Levi dan Google

 

jaket pintar leviJAKARTA, PCplus – Jam pintar (smartwatch) makin banyak beredar. Namun Google ingin juga ada wearable lain, seperti jaket pintar. Maka dihadirkanlah Project Jacquard.

Ini adalah jaket denim pertama di dunia yang dibuat bersama oleh Google dan Levi. Google membenamkan teknologi Jacquard ke dalam Commuter Trucker Jacket Levi yang dirancang untuk commuter pengendara motor.

Tampak luarnya tak beda dengan jaket jin biasa. Namun teknologi yang dtanamkan di dalam kain memungkinkan si pemakai jaket untuk menjawab panggilan telepon, terkoneksi ke layanan online untuk petunjuk jalan dan music playback, dan banyak lagi.  

Semuanya tertanam di serat-serat kain. Benang-benang konduktif baru yang dibuat tim ATAP (Advanced Technology and Products) Google dengan para mitra industri memadukan metallic alloys tipis dengan benng-benang alamiah dan sintetis seperti katun, poliester, atau sutera. Menurut Google, mereka tidak terlihat berbeda dari benang-benang biasa yang dipakai untuk memproduksi kain sekarang, dan cukup kuat untuk ditenunkan ke sebarang tenunan industri.

Menggunakan benang-benang konduktif, para pembuat pakaian bisa membuat bidang-bidang sentuh dan sensitif gestur di lokasi-lokasi tepat di mana pun pada helaian kain. Grid-grid sensor juga bisa ditenunkan di seluruh kain untuk menciptakan permukaan interaktif yang besar. Pengendara motor tinggal men-tap atau men-swipe pergelangan jaket, yang pada bagian bawahnya punya smart tag yang bisa dilepas/pasang dengan semua elektronik yang dibutuhkan.

Input sentuh dan gestur dikirim secara nirkabel ke smartphone pengguna atau gadget mobile lainnya, yang otomatis men-tap ke layanan online dan apps. Dengan cara ini, pengguna bisa men-tap pergelangannya untuk memulai playlist Spotify sambil berkendara ke luar kota. Eh iya, wearable ini gaya loh, tidak seperti Google Glass yang sekarang disebut Project Aura.

Jaket Jacquard akan masuk ke tahap beta akhir tahun ini. Diperkirakan jaket keren tersebut akan mulai dijual secara eceran pada musim semi 2017. Belum ada informasi tentang harganya.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer