Enam Tips Belanja Online di Bulan Ramadhan

online shoppingJAKARTA, PCplus – Sambil ngabuburit (menunggu waktu berbuka puasa), mungkin ada di antara kamu yang belanja online. Menyambut Lebaran, memang banyak penawaran menarik dari berbagai perusahaan eCommerce lokal maupun asing
Agar kamu nyaman dan aman belanja, silakan ikuti tips berikut:

1. Selidiki Situs Belanja Online
Luangkan sedikit waktu untuk mencari tahu lebih banyak mengenai kredibilitas situs belanja online pilihan. Riset berdasarkan Alexa.com menunjukkan bahwa beberapa situs belanja online ternama, seperti MatahariMall, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan Blibli termasuk dalam 50 situs belanja online yang paling banyak dikunjungi di Indonesia.

2. Cek Koleksi dan Bandingkan Harga
Kamu yang gemar belanja, ada baiknya mencari situs dengan koleksi yang beragam dengan harga yang pas di kantong. Tanpa disadari, pilihan yang beragam akan memudahkan kamu menemukan produk yang tepat. Kamu juga dapat membandingkan harga produk serupa dalam beberapa situs belanja online sekaligus  mendapatkan harga terbaik.

3. Pilihan Alternatif untuk Metode Pembayaran
Kini, situs-situs belanja online semakin menyaingi ritel offline dalam konteks penyediaan metode pembayaran. Sebuah situs berbelanja online yang bekerjasama dengan berbagai bank di Indonesia, akan menyediakan potongan harga atau bunga cicilan yang rendah, sebut saja cicilan 0% di Blibli dan MatahariMall Kuncinya adalah memerhatikan situs-situs belanja online yang memberikan diskon sesuai dengan kartu yang dimiliki.

Kamu yang tidak memiliki kartu kredit bisa memilih situs belanja online yang menyediakan layanan cicilan tanpa kartu kredit, seperti penyedia program Super Cintaku (Super Cicilan Tanpa Kartu).

Bila ragu-ragu akan kualitas barang ketika berbelanja online, pilihlah situs belanja online yang menerapkan sistem COD (Cash On Delivery), seperti MatahariMall.

4. Metode Pengiriman Barang
Ketika belanja online, teliti juga metode pengiriman barang yang disediakan. Bisa saja harga barangnya murah, tapi ongkos kirimnya mahal. Karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli, pastikan harga akhir (termasuk ongkos kirim) yang tertera merupakan harga terbaik.

5. Memperhitungkan Diskon dan Promosi
Di bulan Ramadhan, banyak situs online menawarkan diskon dan promosi khusus. Cermati yang mampu memberikan harga terbaik. Mungkin gadget yang dijual Rp 1,6 juta di situs A, dijual 1,8 juta di situs B tetapi dengan diskon khusus menjadi Rp 1,4 juta. Karena metode pencarian diskon ini memerlukan upaya lebih, customer sering kali mengabaikan keberadaannya.

6. Berlangganan Newsletter dan Ikuti Medsos eCommerce Favorit
Saat belanja online,  biasanya kamu diharuskan memasukkan alamat e-mail dan ditawari berlangganan newsletter. Bagi kamu  yang gemar berbelanja online, newsletter dapat menjadi fitur yang praktis. Melalui newsletter, kamu dapat selalu mengetahui koleksi, promo, dan penawaran menarik dari situs-situs tersebut, sekaligus membandingkan harga antara eCommerce satu dan yang lainnya.

Kalau ogah langganan newsletter yang cuma bikin penuh inbox, pertimbangkan media sosial milik eCommerce, seperti Facebook, Instagram, Twitter dan Line. Biasanya sih  pemegang akun medsos milik eCommerce juga aktif merespon pertanyaan-pertanyaan customer yang masuk.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer