10 App Penyunting Foto untuk Android

Teknologi kamera smartphone nyaris menggusur kamera digital point-and-shoot dengan kinerja yang setara dan beberapa bantuan dari apps. Nah kalau kamu mencari aplikasi penyunting foto untuk perangkat Android-mu, silakan pilih dari 10 aplikasi terbaik ini.

prisma

  1. Prisma
    Prisma adalah aplikasi yang menerapkan sentuhan artistik pada image yang kamu ambil atau unduh. Pilihlah sebuah foto dari galerimu atau ambil sebuah gambar dari dala app, dan kamu akan disuguhi 30 filter hasil inspirasi artis dan gaya ternama, mulai dari Munch sampai Picasso; dari gaya ukiyo-e Jepang sampai pop art. Image-image akan difilter dengan kecerdasan uatan yang mengolah setiap image secara berbeda.

Di jantung Prisma adalah complex neural networks. Jaringan ini sangat tergantung pada koneksi internet, dan karena itulah app ini sangat lambat saat memproses image.

adobe photoshop express

  1. Adobe Photoshop Express
    Adobe Photoshop Express merupakan app photoshopping serbaguna untuk  Android. Foto-foto di smartphone-mu dengan mudah bisa kamu modifikasi hanya dengan beberapa sapuan jemari atau interface sederhana. Kamu seperti menggunakan Adobe Photoshop versi PC di perangkat mobile.

    Hal-hal mendasar seperti rotation, cropping, red-eye removal dan flipping sanagt mudah dilakukan denga app ini. Tersedia blemish-removal yang dengan mudah membuang noda atau kotodan pada fotomu. Kamu juga bisa dengan cepat mengontrol warna dan tampilan keseluruhan foto dengan menyesuaikan highlights, shading, shadows, contrast dan banyak lagi.

Kamu yang sudah piawai photoshopping bisa menggunakan fitur desain profesional, yang ternyata mudah dipakai. Kamu bisa memfilter foto untuk mendapatkan efek seperti dawn, mosiac, vivid dan fish eye. App ini mampu menangani ukuran fle yang besar.

 

airbrush

  1. AirBrush
    Yang suka selfie, pasti suka AirBrush. App ini bisa mengoptimalkan selfie untuk Facebook, Twitter atau app lain.

    AirBrush hanya punya beberapa fungsi. Untuk menghapus noda dan jerawat di foto wajahmu, tersedia smoother. Kamu juga bisa  membuat gigimu terlihat putih cemerlang. Kamu juga bisa membuat kantong matamu tidak terlihat.

Bagi pemula untuk urusan selfie editing disediakan rangkaian tutorial yang mudah diikuti. Ada sekitar 10 video, masing-masing mengenalkan setiap fitur app.

 

photo director

  1. PhotoDirector
    App ini dirilis oleh Cyberlink, perusahaan yang menyediakan software  multi-purpose photo editor. Dengan PhotoDierctor, kamu bisa dengan mudah membubuhkan overlay ke image, dan berkreasi dengan efek dan style foto yang berbeda-beda. Kamu juga boleh memanfaatkan fitur lebih canggih, seperti RGB curves dan HSL tools.

Tawaran opsi pada Photo Editor banyak, tak kalah dengan GIMP atau Photoshop. Ia mampu menyunting EXIF data, serta menyediakan tool perspektif dan curve adjustment yang baik.

 

Kamu tidak perlu bayar untuk memakai Photo Editor, asal tidak keberatan ditayangi iklan. App ini di-update secara teratur.

photo editor by lidow

  1. Photo Editor by Lidow
    Photo Editor by Lidow adalah adalah app penyunting foto yang mudah dipakai dan menyenangkan. Kamu tidak akan bingung memilih dari jutaan opsi, filter dan seting.

App ini tidak serumit app-app lain yang ada di daftar ini. Namun ia mudah dan cepat dipakai.

 

vsco cam

  1. VSCO Cam
    VSCO Cam adalah app foto Android yang paling banyak diunduh. Ia memadukan app kamera, fitur editing dan Instagram-like user-uploads page miliknya sendiri. Ia menyediakan perbaikan foto satu-klik dalam wujud filter basic, juga opsi lain.

VSCO Cam menyediakan banyak opsi kustomisasi foto: Interface-nya minimal, sehingga mudah dikuasai. Kamu bisa mempercantik fotomu melalui photo frames, landscapes, colors, effects, stickers, icons, filters dan banyak lagi.  


VSCO Cam bisa diunduh tanpa bayar. Tentu saja ia tidak bisa bersaing dengan PhotoShop atau Snapseed.

snapseed

  1. Snapseed

Snapseed ideal untuk mempercantik foto-fotomu. Brightness, contrast, dan saturation menjadi fitur standar. Dan kalau kamu beruntung, automatic correction bisa membuaf fotomu langsung terlihat sempurna.


Penyesuaian halus bisa dicapai dengan beberapa touch-gestures. Kamu juga bisa memilih untuk menyunting dan mengkustomsasi bagian tertentu dari fotomu. Snapseed terkenal untuk filter-filternya: h Retrolux, Vintage, Tilt Shift, Grunge, Drama dan beberapa efek keren lain.

App ini gratis, dan bebas iklan.

 

 

  1. Cymera
    Walaupun bisa dipakai untuk semua jenis foto, Cymera menonjol untuk foto diri. Kamu bisa mengambil foto langsung dari dalam app atau mengimpornya dari galeri. Cymera menawarkan tujuh lensa dan empat moda rekam yang berbeda yang langsung memperbaiki hasil bidikan.

    Tersedia lebih dari 20 filter, dekorasi, fitur portrait, dan efek make-up realistik. Image bisa di-share ke Facebook, Twitter, and Tumblr langsung dari app. Cymera gratis, tapi tidak beba dari iklan.

aviary

  1. Aviary Photo Editor
    Selain fungsi-fungsi standar untuk rotating, cropping, correcting, dan auto-enhancing, Aviary Photo Editor juga menyediakan fungsi-fungsi fokus (tilt-shift), text input, koreksi kosmetik (red eye, make-up) dan meme generator. Semua fotomu bisa di-share di app sosmed yang paling populer.


Aviary Photo Editor menawarkan in-app berbayar untuk tambahan efek, frame, dan stiker. Tapi kalau tidak mau beli, ya tidak apa-apa. App ini gratis dan bebas iklan.

 

picsart

  1. PicsArt
    PicsArt adalah salah satu dari app penyunting foto gratis yang paling populer. App ini menawarkan banyak hal: image editor dengan efek, app kamera, drawing tool, dan social platform. Ia juga bagus untuk menyunting foto dengan filter dan dekorasi.

Hasil karyamu bisa kamu share di platform medsos yang populer, text messaging dan e-mail. Dan seperti Instagram, PicsArt punya jaringan sosmed sendiri yang bisa kamu manfaatkan untuk memamerkan hasil karyamu.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer