Duh, Jutaan Keyboard Nirkabel Terancam Peretas ‘Keysniffer’ Mutakhir

keysnifferJAKARTA, PCplus – Fitur nirkabel itu menyenangkan. Kita bisa mengirimkan data penting via udara. Namun resikonya, seseorang yang berada dekat kita bisa saja menghadang sinyal-sinyal tersebut sebelum sinyal mencapai tujuannya. Ingat, beberapa waktu lalu perusahaan sekuriti Bastilleada mengungkap MouseJack, yakni celah yang mempengaruhi periferal nirkabel,  termasuk dari Microsoft dan Logitech.

Kali ini Bastille mengungkap  ‘KeySniffer’, celah lainnya. Salah Bluetooth? Ternyata tidak. Sebab keyboard non-Bluetooth dari delapan vendor yang berbeda terpengaruh. Dan Bastille mengatakan bahwa intersepsi bisa dilakukan dari “jarak beberapa kaki.”

Bastille memiliki sebuah daftar produk yang terpengaruh dari beragam vendor. Nama-namanya antara lain Anker, EagleTec, General Electric, Hewlett-Packard, Insignia, Kensington, Radio Shack, dan Toshiba. Sampai hari ini, tiga dari perusahaan di atas telah merespon masalah tersebut, dan menjanjikan perbaikan terhadap masalah atau menawarkan pengembalian uang.


Bastille menyebutkan, daftar produk yang terpengaruhnya tidak lengkap. Jadi mungkin ada model-model dari vendor yang sama, atau vendor lain yang juga terpengaruh. Jika keyboard nirkabelmu menjanjikan enkripsi dan menggunakan Bluetooth, kamu mestinya cukup terlindung.Menurut Bastille, tidak ada satu pun dari keyboard yang terpengaruh yang menggunakan enkripsi.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer