Asyik, Bayar Grab Kini Bisa Pakai Mandiri E-cash

(Dari kiri ke kanan) Rahmat Broto Triaji (SVP Transaction Banking Retail Bank Mandiri), Ridzki Kramadibrata (Managing Director Grab Indonesia), dan Rico Usthavia Frans (Direktur Digital Banking and Technology Bank Mandiri) diapit dua mitra pengemudi Grab menunjukkan tampilan mandiri e-cash di aplikasi Grab.
(Dari kiri ke kanan) Rahmat Broto Triaji (SVP Transaction Banking Retail Bank Mandiri), Ridzki Kramadibrata (Managing Director Grab Indonesia), dan Rico Usthavia Frans (Direktur Digital Banking and Technology Bank Mandiri) diapit dua mitra pengemudi Grab, menunjukkan tampilan mandiri e-cash di aplikasi Grab.

Bank Mandiri baru saja menjalin kerja sama dengan Grab untuk mengintegrasikan layanan mandiri e-cash ke dalam aplikasi serta layanan Grab, baik yang digunakan oleh penumpang maupun mitra pengemudi.

Penandatanganan perjanjian kerja sama ini dilakukan oleh Rico Usthavia Frans (Direktur Digital Banking and Technology Bank Mandiri) dan Ridzki Kramadibrata (Managing Director Grab Indonesia) di Jakarta, hari ini (18/8).

Melalui kerja sama ini, kini para penumpang Grab akan dapat membayar biaya perjalanan dengan memanfaatkan mandiri e-cash secara langsung dari aplikasi Grab. Penumpang Grab tidak perlu memiliki rekening bank untuk dapat menikmati layanan mandiri e-cash.

Sementara pengemudi Grab akan dapat memanfaatkan akun mandiri e-cash pada aplikasi Grab untuk menambah (top-up) kredit Grab dengan lebih mudah dan cepat sehingga dapat mendukung mitra pengemudi dalam pekerjaan mereka.

Selain itu, integrasi yang didukung oleh PT Digital Artha Media sebagai penyedia sistem mandiri e-cash ini juga memungkinkan mitra pengemudi Grab memindahkan saldo tunainya ke akun mandiri e-cash. Selanjutnya, mereka dapat menarik tunai dana tersebut di semua jaringan ATM Mandiri hanya dengan menggunakan ponsel-nya dari akun mandiri e-cash.

Menurut Rico Usthavia Frans, Bank Mandiri dan Grab akan langsung memulai proses integrasi mandiri e-cash pada aplikasi dan layanan Grab khusus bagi pengguna ponsel pintar berbasis Android. Selanjutnya, layanan ini akan diimplementasikan pula pada platform iOS.

Mandiri e-cash sendiri merupakan aplikasi uang elektronik berbasis server dan dimaksudkan untuk mendorong terwujudnya less-cash society. Aplikasi yang dapat diunduh melalui kode unstructured supplementary service data (USSD/quick codes/feature code) *141*6# atau via Google Play, App Store, Blackberry App World, dan Nokia Store ini menggabungkan layanan perbankan dengan layanan telekomunikasi yang dapat digunakan masyarakat, baik nasabah maupun bukan nasabah Bank Mandiri. Pada aplikasi ini, nomor telepon seluler pengguna menjadi nomor rekening mandiri e-cash.

Hingga bulan Juni 2016, tercatat ada sebanyak lebih dari 1,3 juta pengguna mandiri e-cash dengan nilai transaksi mencapai lebih dari Rp665 miliar.

Ristianto W

Menyukai dunia elektronika, Linux, dan jaringan komputer. Saat ini aktif mengelola beberapa server berbasis Linux.

%d bloggers like this: