Pemanfaatan Virtual Reality di Berbagai Bidang

ilustrasi

Teknologi vitual reality hampir selalu identik dengan dunia hiburan ataupun hal-hal yang berhubungan dengan dunia gaming. Padahal teknologi tersebut juga banyak diterapkan pada bidang lain.

Tujuan dari penggunaan VR sendiri adalah untuk memudahkan pengguna dalam mendapatkan pengalaman yang serupa dengan aslinya melalui lingkungan simulasi komputer, baik berdasarkan objek nyata maupun animasi.

Dengan teknologi tersebut, ternyata banyak bidang yang bisa memanfaatkannya untuk berbagai kepentingan. Ingin tahu seperti apa pemanfaatannya di bidang lain? Berikut beberapa contoh diantaranya:

Militer

Belum lama ini, pemerintah Inggris telah mengumumkan bahwa mereka akan menggunakan perangkat Oculus Rift dalam melakukan pelatihan pertempuran. Simulasi yang dilakukan akan melatih para prajurit untuk belajar menangani situasi serta bagaimana bereaksi terhadap peperangan yang ditampilkan dalam dunia virtual. Hal ini tentu saja dapat mengurangi resiko kematian ataupun cedera serius saat prajurit mengalami kegagalan saat mengambil tindakan tertentu.

Penegak hukum

penegak_resize

Mirip dengan militer, para penegak hukum di Arizona, Amerika Serikat juga mendapatkan pelatihan khusus dengan memanfaatkan teknologi VR.  Teknologi ini diterapkan dengan bantuan layar menggunakan 5 monitor yang digabung dan membentuk posisi tertentu. Mereka akan dilatih bagaimana menghadapi penjahat yang memiliki senjata dalam kondisi sedang menyandera beberapa tawanan. Pelatihan ini akan mengajarkan bagaimana seorang penegak hukum bereaksi dan mengambil tindakan penting dalam situasi genting dan berbahaya tanpa membahayakan pihak korban.

Kesehatan

kesehatan_resize

Teknologi VR sudah banyak pula diterapkan di bidang kesehatan, salah satunya adalah penerapan dalan hal terapi. Hal ini sudah dilakukan oleh para psikiater di Universitas Louisville yang menggunakan teknologi VR guna mengatasi penyakit ketakutan (phobia) terhadap hal-hal seperti ketinggian, berbicara di muka umum, ataupun terhadap binatang serangga. Lingkungan VR akan menampilkan simulasi mengenai hal-hal yang ditakuti oleh para pasien dengan cara yang lebih aman. Hal ini memudahkan dokter untuk menganalisa gangguan yang dialami dengan resiko sekecil mungkin.

Ruang Angkasa

angkasa_resize

NASA sudah cukup lama memanfaatkan teknologi VR dalam melatih para astronot sebelum diterbangkan keluar angkasa. Sebelumnya, NASA memanfaatkan teknologi ini untuk melatih astronot dalam mengoperasikan berbagai peralatan pendukung. Namun untuk baru-baru ini, NASA menggunakan teknologi VR lebih berkaitan kepada peningkatan kualitas hidup serta kesehatan mental saat para astronot nantinya berada di ruang angkasa dalam jangka panjang. NASA menampilkan lingkungan sebuah stasiun luar angkasa virtual yang akan menjadi tempat tinggal sementara para astronot selama di sana.

Olahraga

olahraga_resize

Teknologi VR sering pula digunakan pada beberapa cabang olahraga seperti golf, atletik, ski, bersepeda, dan banyak lagi. Di bidang olahraga, teknologi VR digunakan dengan berbagai tujuan. Bagi seorang atlit, mereka bisa melakukan latihan dalam ruang lingkup VR sehingga dapat memantau kinerja mereka, mengatur strategi, serta menganalisa segala hal guna meningkatkan kemampuan mereka. Tidak sebatas itu, ada pula yang menggunakan VR melalui simulasi pertandingan dimana sang atlit bisa menjadi bagian dari permainan virtual yang sedang berlangsung.

Pariwisata

pariwisata_resize

Desember 2015 lalu, British Columbia yang merupakan provinsi di Canada meluncurkan program dengan nama The Wild Within, yang menampilkan pengalaman VR dengan menampilkan keindahan alam dengan tujuan untuk mempromosikan pariwisata. Mirip dengan hal tersebut, Hotel Marriot membuat sebuah fasilitas bagi tamu-tamu mereka dengan menyediakan sebuah ruangan yang dilengkapi dengan perangkat VR. Fasilitas ini memungkinkan pengguna dapat secara mudah dan langsung mengunjungi pusat kota London ataupun museum dengan menggunakan perangkat Oculus Rift. Tidak hanya secara visual saja, teknologi VR yang digunakannya tersebut juga bisa dirasakan indera lainnya, seperti hembusan angin serta cahaya matahari yang dibuat guna menghasilkan ruang lingkup yang mendekati aslinya.

Otomotif

Tiga Perusahaan mobil terkemuka yaitu Ford, Audi, dan Toyota telah memanfaatkan teknologi VR dalam merancang desain mobil-mobil bikinan mereka. Keuntungan dari hal ini adalah para produsen mobil tersebut dapat menguji coba purwa rupa sebelum versi aslinya dibuat dan diujicoba. Desainer Ford menggunakan Oculus Rift untuk mengevaluasi bagian luar dan dalam dari mobil-mobil yang belum dibuat. Dari sini mereka dapat memperhatikan detil dari mobil-mobil tersebut, sementara kamera-kamera mengikuti gerakan para desainer dan berkoordinasi dengan perangkat lunak untuk mencocokkan presentasi digital dengan gerakan desainer. Sedikit berbeda, Audi menggunakannya untuk memberi kesempatan pada pembeli potensial agar mereka dapat mencoba rancangan mobil sebelum membelinya. Setelah selesai, para perancang mobil akan memperbaiki atau menambahkan hal-hal yang dibutuhkan sesuai keinginan calon pembeli tersebut. Khusus Toyota, tahun ini mereka memanfaatkan teknologi VR sebagai bagian dari kampanye TennDrive 365 untuk mengajarkan para remaja dan para orang tua mengenai cara mengemudi yang aman.

Dayu Akbar

Penulis PCplus dengan spesialisasi review produk dan tutorial. Menyukai hentakan musik metal dan makan enak.