The Big Start Indonesia (kompetisi berbasis web untuk mencari pengusaha kreatif lokal dengan produk terbaik), belum lama ini mengumumkan seratus finalis yang maju ke tahap kedua. Selama dua bulan kompetisi ini berjalan, The Big Start Indonesia telah menerima lebih dari 13 ribu pendaftar.
Dari 13 ribu pengusaha kreatif yang mendaftar tersebut, mayoritas produk yang didaftarkan adalah dari kategori makanan dan minuman, fashion, dan kerajinan. Tim The Big Start Indonesia telah menyeleksi dengan ketat berdasarkan tiga kriteria utama yakni kreativitas, inovasi, serta keunikan produk.
The Big Start Indonesia tidak hanya diikuti oleh para pengusaha kreatif yang berdomisili di Pulau Jawa saja, tetapi juga Pulau Sumatera hingga Papua. “Ketika tim kami menyeleksi, kami melihat ternyata pendaftar kami tidak hanya berasal dari Pulau Jawa, tetapi juga dari Kalimantan, Sulawesi, Sumatera, Bali, NTT, Makassar, hingga Papua. Kami tidak menyangka peminat kompetisi The Big Start Indonesia meliputi hampir dari seluruh wilayah Indonesia. Kami sangat menghargai partisipasi mereka dalam kompetisi ini,” ujar Kusumo Martanto (CEO Blibli.com)..
Pengumuman seratus finalis ini telah ditampilkan pada situs The Big Start Indonesia (https://thebigstart.blibli.com/) dan masing-masing akan memperoleh sertifikat apresiasi dari Blibli.com dan BEKRAF, piagam Top 100 The Big Start Indonesia, serta voucher belanja di Blibli.com senilai Rp250 ribu. Mereka juga berkesempatan untuk memperluas jaringan distribusi melalui situs e-commerce Blibli.com. Selanjutnya, 100 merek (brand) tersebut akan diseleksi kembali oleh para juri untuk menjadi 20 finalis yang akan dikarantina di Jakarta pada bulan September mendatang. The Big Start Indonesia sendiri merupakan inisiatif yang digagas Blibli.com bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF).