Intip Pembonceng Wi-Fi-mu, Lalu Blokir!

 

fing

Koneksi Wi-Fi di perangkat Androidmu lamban? Hmm, salah satu penyebabnya adalah ada orang lain yang ikut menggunakan tanpa seijinmu. PCplus akan tunjukkan cara mengetahui pembonceng jaringan Wi-Fi-mu dan bagaimana memblokir pengguna gelap tersebut.

Ini langkah-langkahnya:

  1. Sebelum mencari tahu siapa yang pakai Wi-Fi-mu, kamu harus memastikan kalau kamu terkoneksi ke jaringan Wi-Fi yang ingin kamu pantau. Berikutnya, unduh app network monitoring Fing dari Google Play.
  1. Setelah Fing tuntas diunduh, buka app tersebut. Kamu akan melihat nama jaringanmu di home screen bersama tombol Refresh dan Settings. Untuk melihat semua perangkat yang terkoneksi ke jaringan Wi-Fi-mu, tap Refresh.
  2. Tunggu beberapa saat. Di layar akan muncul daftar perangkat, dengan indikator yang memberitahukan apakah itu smartphone atau PC.
  3. Tap sebarang perangkat pada jaringanmu untuk menampilkan daftar opsi untuk berinteraksi dengan perangkat-perangkat tersebut. Ini termasuk mengirimkan pings atau sinyal Wake on LAN. Kamu juga bisa mencatat kapan perangkat-perangkat tersebut terkoneksi dan terputus koneksinya dari jaringan.
  1. Untuk memblokir sebuah perangkat yang ada di daftar, tap perangkat dalam daftar dan salin  alamat MAC-nya.
  1. Jika ada salah satu perangkat yang tidak kamu kenal atau kamu rasa mencurigakan, blokir saja selama-lamanya. Fing memperlihatkan alamat MAC untuk setiap perangkat yang terkoneksi ke jaringanmu (angkanya akan berformat seperti ini dan terdiri dari angka dan huruf: (‘xx:xx:xx:xx:xx:xx’). Catat nomor tersebut.
  2. Mumpung masih di dalam router, ada baiknya kamu sekalian mengubah password Wi-Fi dengan yang baru. Password lama-mu mungkin saja sudah diketahui orang lain.

 

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer