Shopee Catatkan Kenaikan Transaksi Saat Mobile Shopping Day

Ahmad Alkatiri, Lead Marketing Shopee
Ahmad Alkatiri (Lead Marketing Shopee).

10.10 Mobile Shopping Day, sebuah festival belanja via ponsel di Indonesia yang dipelopori oleh Shopee menuai respons positif dari para konsumen Indonesia. Tepat di hari puncak kampanye Mobile Shopping Day, pada 10 Oktober lalu, jumlah kunjungan aplikasi Shopee turut mengalami kenaikan hingga tiga kali lipat dibandingkan dengan hari-hari lainnya.

Shopee juga mencatat lebih dari 3 juta produk terjual, dari sejumlah 51 ribu penjual yang turut berpartisipasi dalam kampanye tahun ini. Dari jumlah itu, Shopee menyatakan bahwa pakaian wanita, gadget, home & living, bayi dan anak adalah kategori-kategori yang paling diminati.

Pembeli Shopee berasal dari 440 kota yang tersebar di seluruh Indonesia, dan 5 kota dengan pembeli paling banyak antara lain Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung dan Makassar. Sebanyak 76 pembeli bahkan melakukan transaksi dari Merauke, bagian timur Indonesia.

Menurut Shopee, di ranah media sosial, Shopee 10.10 Mobile Shopping Day mampu menciptakan jumlah obrolan yang tinggi di kalangan netizen dengan tanda pagar (tagar/hashtag) #MobileShoppingDay yang menjangkau lebih dari 30 juta masyarakat Indonesia pada tanggal 10 Oktober itu sendiri. Shopee bahkan mengklaim obrolan ini berhasil menjadi trending topic nomor satu di Twitter.

Sejak diluncurkan pada bulan Desember 2015, Shopee sebagai marketplace mobile telah meningkat secara signifikan di tujuh negara, termasuk Indonesia, Thailand, Vietnam, Singapura, Malaysia, Filipina, dan Taiwan. Indonesia, yang berperan sebagai pasar terbesar Shopee di tingkat regional, telah memperoleh 5 juta download dan memberikan kontribusi sebesar empat puluh persen dari bisnis Shopee secara keseluruhan. Di bulan Agustus 2016, Shopee telah diunduh sebanyak 20 juta kali di seluruh Asia Tenggara dan menerima lebih dari 250 ribu pesanan setiap harinya.

Dayu Akbar

Penulis PCplus dengan spesialisasi review produk dan tutorial. Menyukai hentakan musik metal dan makan enak.

%d bloggers like this: