Alibaba Bukukan Pendapatan US$17,8 Miliar Pada Festival Belanja 11.11

PCplus – Di Tiongkok, tanggal 11 November biasanya dikenal sebagai Single’s Day atau Hari Lajang. Selain Hari Lajang, tanggal tersebut juga dikenal sebagai hari festival belanja. Hari festival belanja ini kemudian menjadi populer dan beredar luas di beberapa tempat, termasuk Indonesia.

Di Tiongkok sendiri pada tanggal tersebut biasanya terjadi lonjakan transaksi yang sangat signifikan. Para penyedia layanan e-commerce juga biasanya menghadirkan diskon besar-besaran untuk menarik minat para calon konsumennya.

Nah, pada perayaan 11 November tahun ini, Alibaba Group membukukan pertumbuhan transaksi sebesar 32 persen dibandingkan tahun lalu. Pada festival belanja 11 November 2016 lalu, Alibaba Group mendapatkan pendapatan sebesar US$17,8 miliar.

Daniel Zhang (CEO Alibaba Group) mengatakan, “Festival belanja 11.11 tahun ini adalah bayangan ritel dari masa depan, dimana hiburan, perdagangan dan keterlibatan interaktif bersatu. Mulai dari pembukaan acara dan semua yang terjadi pada festival belanja yang berlangsun gselama 24 jam, kami melihat bagaimana ritel online dan offline akan berkolaborasi untuk memberikan pegnalaman belanja yang baru bagi ratusan juta pengguna kami.”

Dalam festival belanja tahunan tersebut, Alipay, layanan payment gateway milik Alibaba Group, berhasil memproses transaksi sebesar US$1 miliar dalam waktu lima menit pertama.

Selain itu, 82 persen dari total transaksi selama hari tersebut, atau setara sekitar US$14,6 miliar juga berasal dari perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Penggunaan perangkat mobile juga meningkat dari 69 persen pada tahun 2015 lalu.

Selama hari tersebut Alipay juga memproses lebih dari satu miliar transaksi, serta memproses sekitar 120 ribu transaksi per detik pada kondisi tersibuk.

Steven Irwandi

.