Ini Pencapaian Tiga Tahun OPPO di Indonesia

Aryo Meidianto, Media Engagement Oppo Indonesia
Aryo Meidianto, Media Engagement Oppo Indonesia

Tahun 2013, OPPO mulai hadir di Indonesia bersamaan dengan negara-negara lain seperti Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, Audtralia, Filipina, Myanmar, India, Timur Tengah, dan Amerika Selatan. Selama tiga tahun keberadaannya di Indonesia, OPPO telah memiliki rangkaian pencapaian yang cukup membanggakan bagi produsen asal Cina tersebut.

Di tahun 2016, menurut survei yang diumumkan IDC, OPPO sudah memproduksi sekitar 22,6 juta unit produknya dengan market share sebesar 6,6%. Ini membuatnya menduduki peringkat ke 4 di pasar global dan ke 2 di pasar Indonesia. Pertumbuhan yang mencapai 136,6% dari kuartal sebelumnya, membuat OPPO menjadi vendor smartphone global yang mengalami pertumbuhan paling pesat.

OPPO sendiri memiliki pabrik di daerah Tangerang yang saat ini mampu memproduksi hingga 800.000 unit per bulan. Padahal saat baru beroperasi tahun 2015, pabrik OPPO hanya memproduksi 200 ribu unit per bulannya. Peningkatan ini guna memenuhi kebutuhan serta permintaan pasar yang makin meningkat.

Tahun depan, Oppo Indonesia bahkan berencana memperluas pasar ke negara tetangga yaitu Timor Leste.

“Tahun depan akan ekspansi ke Timor Leste. Saat ini OPPO Indonesia sedang melakukan survei untuk mengetahui perilaku para pengguna smartphone di sana. Karena untuk ekspansi ke wilayah kita harus mengerti mereka sukanya seperti apa,” kata Aryo Meidianto, Media Engagement OPPO Indonesia.

Kini jumlah karyawan OPPO mencapai 20.000 orang yang kesemuanya berada dalam naungan PT Indonesia OPPO Electronics. Saat ini OPPO sudah memiliki 81 pusat layanan purna jual serta 27 area pemasaran yang tersebar di seluruh Indonesia. Sebanyak 36 model smartphone pun telah digulirkan selama tiga tahun ini.

Sebagai ungkapan terima kasih kepada konsumen tanah air, OPPO pun menggelar OPPO Selfie Fest yang merupakan gelaran konser musik yang diisi oleh artis-artis papan atas.

“Kami sangat berterima kasih atas respon baik konsumen Indonesia terhadap produk-produk OPPO. Apalagi persepsi masyarakat Indonesia terhadap smartphone selfie sudah melekat melalui F1 series yang kami keluarkan. Maka dari itu kami mengadakan OPPO Selfie Fest, sebuah mega konser yang dihadiri oleh brand ambassador kami, penampil terbaik Indonesia, dan juga pertunjukan dari artis internasional asal Korea Selatan, PSY,” ujar Ivan Lau, CEO OPPO Indonesia.

Pada konser Selfie Fest, OPPO menunjukkan bahwa konsumen setia di Indonesia yang selama ini mengiringi perjalanan perusahaan perlu diberikan pertunjukan menarik atas apresiasi mereka terhadap produk OPPO di Indonesia.

Kesempatan ini juga dimanfaatkan OPPO untuk memperkenalkan brand ambassador barunya, Raisa Adriana, seorang musisi muda Indonesia yang berbakat. Ini adalah bentuk kesinambungan atas kerja sama strategis yang telah terjalin sebelumnya melalui OPPO Raisa Handmade Tour 2016.

Dayu Akbar

Penulis PCplus dengan spesialisasi review produk dan tutorial. Menyukai hentakan musik metal dan makan enak.

%d bloggers like this: