Friday, April 19, 2024
MultimediaReview ProdukReview Software

Asyiknya Menikmati Kumpulan Komik Lokal dengan Ciayo Comics

Bagi yang menyukai kumpulan komik yang ada di Webtoon, ada platform sejenis yang patut dicoba yaitu Ciayo Comics. Ciayo Comics adalah platform yang menampilkan beragam komik digital dari para komikus tanah air yang memiliki konsep mirip dengan Webtoon. Layanan ini tidak hanya sekedar menampilkan komik-komik seru karya komikus lokal secara rutin, namun juga memberikan tantangan serta hal menarik lainnya. Apa saja?

Fitur

Ciayo Comics hadir melalui situs resmi mereka di www.ciayo.com. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengaksesnya melalui aplikasi dari perangkat mobile berbasis Android atau iOS. Namun PCplus mencoba aplikasi ini dari perangkat Android.

Untuk mengakses konten, Ciayo Comics benar-benar mengandalkan koneksi internet dan belum tersedia fitur offline. Dan Salah satu keunggulan mengakses konten berbasis komik adalah tidak seberat file berbasis video. Asiknya, selain gratis, aplikasi ini tidak diselipi iklan sehingga pengguna bisa tetap nyaman membaca komik pilihan tanpa terganggu.

Komik yang hadir cukup variatif, baik dari segi tema maupun genre, mulai dari drama, fantasi, scifi, komedi, action, romance, thriller, dan lainnya. Genre tersebut akan ditampilkan berbarengan dengan judul komik dalam bentuk thumbnail. Sayangnya, komik-komik yang ada tidak (atau belum) disusun berdasarkan genre-nya. Seluruh komik langsung ditampilkan berdasarkan keterbaruan (update) saja. Karakter-karakter yang tersedia beberapa di antaranya sudah cukup populer di kalangan pecinta komik, seperti si Juki & Mang Awung atau Edwin & Jhodi.

Ciayo Comics tidak hanya sekedar menampilkan komik saja tapi juga peduli akan perkembangannya di tanah air. Oleh karena itu, Ciayo mengajak para komikus lainnya, termasuk yang masih pemula, untuk terus berkarya agar nantinya karya mereka bisa lebih dikenal dan ditampilkan di berbagai komik digital. Caranya, dengan mengadakan semacam tantangan untuk menampilkan karya mereka, Nantinya akan dipilih karya terbaik yang akan ditentukan oleh juri dan pengguna. Tantangan ini rutin diadakan dalam kurun waktu tertentu dengan iming-iming hadiah yang cukup menggiurkan.

Kesimpulan

Ciayo Comics menawarkan sesuatu yang menarik bagi penggemar setia komik Indonesia. Sejauh ini apa yang ditawarkannya sudah cukup menarik dan menghibur. Ketersediaan komik dengan beragam tema, tampilan menarik, apalagi ditambah dengan adanya kompetisi bagi para komikus, menjadi nilai yang mampu bersaing dengan aplikasi ataupun platform serupa.

Namun karena masih terbilang baru, masih ada beberapa fitur yang belum tersedia di Ciayo Comics. Jika nantinya Ciayo Comics tetap konsisten menampilkan komik-komik lokal terbaru dan memperbaiki kekurangannya, Ciayo Comics bisa menjadi salah satu aplikasi wajib, tidak hanya bagi pencinta komik lokal, tetapi juga bagi pengguna yang membutuhkan hiburan ringan dan praktis.

Deskripsi

Pengembang: PT Dragon Capital Centre
Lisensi: Gratis
Platform: Android, iOS, Windows (desktop)

Dayu Akbar

Penulis PCplus dengan spesialisasi review produk dan tutorial. Menyukai hentakan musik metal dan makan enak.