Intel Resmi Luncurkan Prosesor Mobile dengan Chip Grafis Radeon RX Vega

Jakarta, PCplus. Beberapa waktu yang lalu, Intel dikabarkan menggandeng AMD untuk merilis sebuah prosesor yang dilengkapi dengan chip grafis dari AMD. Dan kini, pada gelaran Consumer Electronics Show (CES) 2018, Intel secara resmi memperkenalkan prosesor tersebut yang diberi nama Intel with Radeon Graphics.

Intel with Radeon Graphics adalah sebuah paket chip yang berisi prosesor Intel dengan chip grafis Radeon RX Vega M dari AMD. Di dalam chip ini, Intel menggunakan prosesor Intel Core generasi kedelapan untuk perangkat mobile yang juga dikenal dengan sebutan Kaby Lake-R.

Saat ini lini prosesor mobile generasi kedelapan Intel dihuni oleh dua varian prosesor, yaitu Core i5 8250U dan Core i7 8550U. Nah, prosesor Intel with Radeon Graphics ini akan menggunakan prosesor dengan basis yang sama dengan dua prosesor tersebut. Kemudian chip grafis yang akan dipasangkan merupakan AMD Radeon RX Vega M yang akan terbagi menjadi dua varian. Secara total, Intel akan merilis lima varian prosesor Intel with Radeon Graphics ini dengan varian tertinggi akan mendukung overclock dengan multiplier yang tidak dikunci.

Walaupun telah memiliki chip grafis Radeon RX Vega M, namun Intel juga tetap menyematkan chip grafis buatannya sendiri yaitu Intel HD 630 GT2. Dengan tersedianya dua chip grafis di dalam satu paket prosesor ini, maka beban pekerjaan grafisnya bisa dibagi sesuai dengan kebutuhan. Misalnya chip grafis bawaan Intel akan mengambil pekerjaan yang lebih ringan dan hemat daya seperti untuk menonton video. Sedangkan tugas yang lebih berat seperti bermain game akan dikerjakan oleh chip Radeon RX Vega M.

Intel sendiri belum mengumumkan tanggal resmi peluncuran prosesor ini. Saat ini, Intel with Radeon Graphics sepertinya baru akan ditujukan untuk perangkat mobile seperti notebook. Belum ada informasi apakah prosesor ini juga akan tersedua dalam varian untuk komputer desktop.

Tanggapan Kamu

komentar