Microsoft Hentikan Dukungan Bagi Windows 8.1

 

Jakarta, PCplus. Microsoft secara resmi telah menghentikan dukungan terhadap sistem operasi Windows 8.1. Penghentian dukungan tersebut telah berlaku sejak tanggal 9 Januari 2018 lalu.

Dengan penyetopan dukungan ini, berarti Microsoft tidak akan lagi merilis pembaruan atau penambahan fitur pada sistem operasi yang merupakan update dari Windows 8 tersebut.

Namun meskipun demikian, Windows 8.1 masih berada pada masa Extended Support. Ini berarti Windows 8.1 masih akan tetap mendapatkan update untuk patch keamanan. Extended Support berlaku hingga lima tahun ke depan dan akan berakhir pada tanggal 10 Januari 2023. Setelah Extended Support berakhir, barulah Windows 8.1 tidak akan mendapat update keamanan lagi sehingga rentan terhadap ancaman keamanan yang akan muncul di masa tersebut.

Sistem operasi Windows 8.1 pertama kali diluncurkan pada tahun 2013 sebagai pembaruan atas Windows 8 yang banyak dikritik oleh pengguna karena perbedaan yang terlalu jauh dari Windows 7. Windows 8.1 kemudian digantikan oleh Windows 10 dan Microsoft juga memberikan update ke Windows 10 secara gratis untuk pengguna Windows 7 dan Windows 8.1. Tawaran tersebut telah berakhir sejak bulan Juli 2016 lalu.

Tanggapan Kamu

komentar