Gigabyte Z490 AORUS, Dibuat Khusus untuk Intel 10th Gen

Jakarta, PCplusLive – Tidak mau tertinggal di ranah generasi terbaru prosesor Intel, Gigabyte memperkenalkan motherboard jagoan barunya, Gigabyte Z490 AORUS yang dibuat khusus untuk prosesor Intel Generasi 10. Apa saja fitur baru yang ada di produk baru ini?

Salah satunya adalah rancangan suplai daya digital 16 fasa. Gigabyte tidak main-main soal ini, sebab ke-16 fasa dayanya masing-masing bisa mengalirkan daya sampai 90 ampere.

Fasa bentukan Gigabyte ini didesain dengan teknologi Smart Power Stage, alias manajemen daya langsung untuk 12 fasa. Dipasangkan dengan Power Stage DrMos, desain ini disebut bisa menghasilkan sampai 1440 ampere dengan daya yang stabil. Wow.

Gigabyte Z490 AORUS Master, salah satu varian dari keluarga Gigabyte AORUS (PCplus/istimewa)

Biasanya, daya besar ini akan menghasilkan panas yang juga tinggi. Tenang, Gigabyte punya teknologi pendingin Fin-Array II, sebuah rancangan pembuang panas (heat sink) yang didesain ulang dengan model sirip bertumpuk (stack fin).

Dengan desain ini ia memiliki luas permukaan 3 kali lipat lebih banyak dibanding heat sink biasa, yang artinya, panas yang dapat dilepaskan bisa lebih baik dan efisien.

Selain pengelaolaan daya dan suhu yang baik, Gigabyte Z490 AORUS juga dibekali konfigurasi memori yang keren. Ada 4 slot memori di sana, yang masing-masing mampu dipasangkan dengan modul memori sampai kapasitas 32GB. Kalau kamu cukup sultan, berati ada 128GB ruang memori yang bisa ditanam di motherboard kamu.

Supaya lalu lintas daya di memori ini tidak terganggu, toplogi Daisy Chain diterapkan oleh Gigabyte, termasuk menanam sirkuti utama memori ke lapisan dasar PCB demi mengurangi gangguan elektromagnetik agar konfigurasi dual kanal (dual channel) kamu tidak terganggu, apalagi saat melakukan overclocking.

Fitur lain yang tidak kalah keren di motherboard ini adalah ketersediaan PCIe 4.0, slot SSD M.2, USB 3.1 Generasi 2, koneksi ethernet 2.5G dan 10G, dan standar WIFI 6 802.11ax.

Untuk mengalunkan suara dengan lebih baik, chip Audio ALC 1220-VB dengan kapasitor WIMA FKP2 tertanam di produk ini. Ditambah desain audio yang mengintegrasikan ESS SABRE DAC dijamin memanjakan mereka yang suka audio fidelitas tinggi.

Baca Juga: GIGABYTE Segarkan Lini Motherboard X99

Oh ya, Gigabyte Z490 AORUS ini termasuk dalam kategori produk gaming ya. Ia dengan baik bisa mendukung prosesor Intel Core seri K 10 inti (core) atau prosesor Intel dengan soket LGA 1200. Meskipun hadir dengan embel-embel gaming, namun melihat banyak fitur pendingin dan kemampuan menyuplai daya besar, produk ini juga cocok dipakai buat mereka yang hobi overclock.

Klik di sini untuk Info lengkap motherboard Gigabyte Z490 Aorus

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.