MediaTek Helio G85 Hadir! Apa Saja Kehebatannya?

Jakarta, PCplusLive – MediaTek Helio G85 baru saja hadir menjadi lawan berat Qualcomm SnapDragon di dunia mobile. Ia menitikberatkan pada mobile gaming dan beberapa fitur penting dalam SoC mobile. Apa saja kehebatan lainnya?

Anggota baru dari lini gaming G series milik MediaTek ini mengedepankan Graphics Processing Unit (GPU) 1GHz dengan arsitektur ARM Mali-G52 serta peningkatan teknologi Hyper Engine untuk digunakan bermain game dengan lancar di perangkat mobile.

HyperEngine ini sendiri mampu memaksimalkan umur baterai dengan pengelolaan sumber daya secara lebih dinamis, tanpa harus menurunkan kinerja keseluruhan sistem.

Hasil benchmark Manhattan menggunakan rangkaian chipset baru MediaTek ini menghasilkan nilai sampai 25fps, Nilai tersebut bisa didapat berkat kolaborasi 2 prosesor ARM Cortex-A75 berkecepatan 2GHz dan 6 prosesor Cortex-A55 dengan kecepatan sampai 1,8GHz.

Baca Juga: Ingin Kuasai Pasar Smartphone, IMO Gandeng MediaTek dan Telkomsel

Menurut Assistant General Manager, Wireless Business Unit – MediaTek, Dr. Yenchi Lee, pihaknya sengaja memperluas lini Helio G untuk memberikan lebih banyak pilihan bagi para pembuat perangkat saat membuat perangkat smartphone gaming yang canggih.

“Helio G85 memberikan kombinasi kinerja tinggi, konsumsi daya minimal dan rangkaian peningkatan gaming lainnya sehingga pengguna bisa menikmati permainan cepat dan lancar,” jelas Lee

Hebatnya MediaTek Helio G85 baru bisa dilihat dari beberapa fitur berikut ini:

fitur dan spesifikasi di mediatek helio g85
Beberapa fitur dan spesifikasi di Mediatek Helio G85 (PCplus/Istimewa)
  • Kamera pintar AI: Chipset ini mampu meningkatkan kinerja AI di kamera smartphone yang memakainya. Fitur seperti pengenalan obyek (Google Lens), album foto cerdas, deteksi pemandangan dan segmentasi dengan penghilangan latar belakang, dan juga peningkatan pemotretan bokeh bisa dilakukan dengan baik oleh Helio.
  • Smartphone Multi-Kamera dengan Kualitas Premium: Helio G85 memberikan kesempatan bagi para pembuat perangkat untuk menciptakan berbagai rangkaian smartphone multi-kamera untuk pilihan yang lebih banyak bagi konsumen. Pembuat perangkat bisa merancang smartphone dengan bergam kombinasi, dari wide angle, telescopic, makro dan ukuran sensor hingga 48MP.
    Selain itu, Helio G85 memiliki berbagai akselerator perangkat keras, termasuk mesin kedalaman perangkat keras untuk pengambilan gambar bokeh kamera-ganda, dan lain-lain. Chipset ini juga mampu melakukan perekaman ultra-cepat hingga 240fps.
  • Voice Wakeup (VoW) Terintegrasi: Chipset ini memiliki kemampuan VoW terintegrasi yang meminimalkan daya, ke dalam sistem operasi Android seperti Google Assistant yang selalu tersedia.
  • Navigasi Inersial Yang Sangat Akurat: Teknologi navigasi inersial di Helio G84 menyediakan lokasi akurat, di mana pun lokasi pengguna seperti di bawah tanah, mengendara di terowongan atau tempat lainnya ketika layanan GNSS tidak tersedia.
  • SIM 4G Ganda: Dengan dukungan untuk SIM 4G ganda, chipset ini menyediakan kualitas panggilan suara dan video luar biasa lewat layanan-layanan VoLTE/ViLTE, sekaligus memungkinkan waktu pengaturan koneksi yang lebih cepat, cakupan yang lebih handal dan konsumsi daya lebih rendah di koneksi SIM mana pun.

Info lengkap tentang MediaTek Helio G Series bisa dilihat di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.