Mengenal Inti Sistem Komputer

Dalam sistem komputer, kita mempelajari bahwa sebuah perangkat elektronik termasuk dalam kategori komputer jika memiliki setidaknya tiga buah komponen yang menjadi syarat minimal sebuah sistem komputer.

Semua jenis komputer modern setidaknya memiliki 3 jenis komponen, baik yang berupa embedded system seperti arduino, raspberry, smartwatch, smartphone, laptop maupun personal computer.

inti sistem komputer

Komponen pertama adalah CPU atau central processing unit, yang merupakan otak dari sebuah sistem komputer. Komponen kedua adalah Memory, memori ini biasanya terbagi dalam RAM dan RWM. RAM merupakan memori yang digunakan untuk melakukan akses penghitungan komputasi oleh CPU, sedangkan RWM bersifat programmable, dapat ditulis ulang sesuai dengan kebutuhan. Contoh RWM dalam sebuah personal computer adalah BIOS. Komponen terakhir adalah input/ouput yang bertindak sebagai perantara antara komputer dengan pengguna. Ketiga komponen ini yang membentuk istilah komputasi modern yang berlandaskan arsitektur Von Neumann.

Semua jenis perangkat elektronik dapat disebut perangkat komputer jika memiliki minimal tiga komponen inti dari sebuah sistem komputer tersebut.

Priyo Harjiyono

Blogger Jogja yang suka melanglang buana di dunia maya. Temukan cerita menariknya di anotherorion.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: