5 Cara Berbisnis di Telegram yang Paling Menguntungkan

5 Cara Berbisnis di Telegram yang Paling Menguntungkan

Pandemi seharusnya tidak menjadi halangan masyarakat untuk tetap menjalankan bisnisnya. Pasalnya, sekarang telah ada platform media sosial Telegram dengan fitur-fitur yang tepat untuk menjajakan produk bisnis secara online. Namun, pebisnis harus mengetahui terlebih dahulu cara berbisnis di Telegram yang paling mudah.

Terdapat beberapa cara membuka usaha online via Telegram. Semua tutorialnya terdapat di bawah ini, jadi pebisnis tinggal membaca dan menerapkannya saja. Ini cara-cara yang dimaksud:

1. Unduh dan Instal Aplikasi Telegram

Oleh karena berbisnis di Telegram adalah niaga via aplikasi, tentunya pebisnis harus memiliki aplikasi Telegram terlebih dahulu. Baru setelah itu, penjual bisa mempromosikan produk di dalamnya supaya masyarakat bisa mengenali produk dengan cepat.

Maka dari itu, cara pertama untuk menjalankan bisnis online di Telegram, silakan unduh dan instal aplikasinya terlebih dahulu. Untuk aplikasi Telegram sendiri, penjual bisa mencarinya di Google Play Store. Bisa juga dengan masuk ke situs Telegram yang resmi untuk melakukan pengunduhan aplikasi dan instalasi.

2. Membuat Grup Bisnis di Telegram

Cara berbisnis di Telegram yang berikutnya adalah membuat grup telegram khusus bisnis di dalam aplikasi. Setelah itu, silakan sebar link grup tersebut ke media sosial yang lain seperti di Facebook, IG maupun di Tik Tok. Kalau penjual memiliki website bisnis, silakan share juga link grup Telegram di dalamnya.

cara berbisnis di telegram

Penjual juga bisa memasukkan akun Telegram orang ke dalam grup bisnis secara langsung. Sekalipun demikian, penjual tidak boleh sembarangan memasukkan akun melainkan keluarga dan teman dekat saja, atau orang-orang yang memang berminat dengan produk yang akan bertebaran di dalam grup.

3. Melakukan Promosi Bisnis

Setelah grup bisnis Telegram telah terbentuk, akun di dalamnya juga terus bertambah, maka berarti sudah waktunya penjual untuk mempromosikan bisnis. Cara promosi via Telegram yang terbaik adalah melalui fitur Video Call. Dengan fitur ini, penjual bisa me-review produk lalu share di grup supaya banyak akun yang menontonnya.

Silakan sebelumnya penjual harus merekam videonya terlebih dahulu. Pastikan kalimat promosi harus persuasif serta mengandung ajakan kepada calon pelanggan untuk membeli produk. Penjual juga harus menyampaikan detail produk secara lengkap termasuk harga.

4. Membuat Bot Chat

Setelah promosi bisnis sudah selesai, berarti pebisnis tinggal menunggu respon dari akun yang telah menonton video promosi tersebut. Nah, kalau sudah ada akun yang berminat untuk membeli produk, maka penjual harus membalasnya sesegera mungkin.

Sekalipun demikian, bukan berarti penjual harus stand by di depan laptop selama 24 jam non stop. Tetapi, penjual harus membuat bot chat yang akan membalas semua komentar akun secara otomatis. Mesin inilah yang akan menjawab pertanyaan maupun keinginan klien untuk memesan produk.

5. Layani Pelanggan dengan Sebaik Mungkin

Cara berbisnis di Telegram yang terakhir adalah melayani pelanggan dengan sebaik mungkin. Ini tidak hanya mencakup kesabaran penjual ketika menyampaikan informasi produk kepada pelanggan tetapi juga keberanian untuk menjual produk dengan harga standar.

Orang terbiasa membeli produk online, karena harganya relatif lebih rendah dari harga yang di pasaran. Nah, kalau penjual ingin bersaing di Telegram, tentu banderol harga harus mengalami penyesuaian dan kalau bisa harus sedikit lebih rendah dari pedagang online yang lain. Jika lebih mahal, tentu produk tidak akan laris terjual.

Cara berbisnis di Telegram di atas bisa sukses kalau si penjual memiliki keseriusan yang tinggi saat berbisnis. Serta harus memiliki kesabaran karena persaingan bisnis online begitu luar biasa. Bahkan orang yang sejatinya tidak berprofesi sebagai pedagang juga menjalankan bentuk usaha yang sama. Oleh sebab itu, silakan berniaga tetapi strateginya harus matang.

Priyo Harjiyono

Blogger Jogja yang suka melanglang buana di dunia maya. Temukan cerita menariknya di anotherorion.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: