Tuesday, March 19, 2024
Blog

7 Pekerjaan Freelance Paling Banyak Dicari

Anak muda jaman sekarang banyak yang bekerja sebagai seorang freelancer. Tapi mungkin sebagian orang belum tahu apakah apa itu freelance dan peluangnya. Padahal jasa freelance yang paling banyak dicari di era digital ini, seperti konten kreator, penulis, jasa desain dan masih banyak lagi.

Freelancer atau pekerja lepas yang bisa Anda coba. Peluang freelance di Indonesia semakin meningkat berbarengan dengan banyaknya perusahaan berkembang. Selain itu menjadi seorang freelancer bisa dilakukan secara WFH tidak terikat waktu dan tempat.

Jasa Freelance Paling Banyak Dicari

Jasa freelance yang paling banyak dicari terutama di Indonesia yaitu penulis artikel, desain grafis, data entry dan lain-lain. Pekerjaan lepas ini mulai berkembang dan banyak peminat, hal ini karena kemudahan bahkan bisa dilakukan untuk mahasiswa dan pelajar yang ingin uang saku tambahan.

Anda bisa mencoba bekerja sebagai seorang freelancer untuk pemula, bisa mencari website kerja freelance yang sudah banyak di situs freelance online. Bagi Anda yang tertantang dan ingin belajar menjadi seorang freelancer berikut beberapa jasa freelance paling banyak dicari dan sesuai passion.

1. Data Entry 

Pekerjaan ini biasanya banyak diminati oleh para mahasiswa dan fresh graduate. Data entry merupakan jenis freelance yang mudah sehingga cocok bagi pemula. Pekerjaannya yaitu memasukan data ke sebuah website melalui form online yang sudah disediakan client.

Tapi tidak boleh remeh, pekerjaan seperti ini meskipun terlihat mudah Anda dituntut teliti. Saat memasukkan data paslitakan tidak salah entry atau Anda akan mengulang dari awal.

2. Content Creator

Jenis freelance berikutnya yaitu menjadi seorang content creator, pekerjaan ini memiliki peluang yang cukup bagus. Mengingat pada zaman ini kebutuhan akan content semakin banyak diminati, bermunculan para content creator degan karya yang luar biasa.

Biasanya konten ini berbentuk foto, video kreatif dan audio. Banyak aplikasi bagi para kreator baru seperti youtube, instagram dan tiktok. Jika sudah banyak penonton dan suka dengan hasil karya Anda maka hal itu bisa menjadi pemasukan dan bekerja sama bersama brand untuk promosi produk.

3. Influencer

Pengguna media sosial semakin meningkat, jika Anda memiliki banyak pengikut di beberapa sosial media maka hal ini bisa menjadi hal yang menguntungkan. Dengan banyaknya pengikut Anda bisa membuka jasa endorsement dan menjadi seorang influence.

Influencer memiliki beberapa jenis misalnya pada bidang fashion, travel dan makanan. Anda bisa bekerja dengan suatu brand, hampir sama dengan kreator Anda akan mempromosikan produk. Semakin banyak followers yang Anda punya maka semakin tinggi pendapatan yang dihasilkan.

4. Ahli SEO

Jasa freelance yang paling banyak dicari selanjutnya yaitu ahli SEO. SEO merupakan sebuah teknik untuk meningkatkan web pada sebuah situs agar terletak di halaman pertama pencarian. Tentu saja agar web atau situs tersebut mudah ditemukan para pengguna internet.

Jasa freelancer yang paling banyak dicari

Bagi yang sudah ahli dibidang ini tentu peluang tersebut harus digunakan. Banyak perusahaan yang rela membayar mahal bagi para ahli SEO, tentu saja agar situsnya tampil dihalaman pertama. Tapi untuk menjadi ahli SEO membutuhkan waktu cukup lama dan harus paham dengan teknik-tekniknya.

5. Desain Grafis

Desain grafis bisa menjadi pekerjaan freelance untuk mahasiswa atau Anda yang senang menggambar dan desain. Memang tidak sembarang orang bisa melakukan desain tapi tentu hal tersebut bisa dipelajari. Bagi Anda yang sudah punya bakat desain jangan sia-siakan bakat dan cobalah freelance.

Selain itu semakin bagus desain yang diberikan tentu bayarannya akan semakin mahal. Contoh freelance desain grafis yaitu membuat ilustrasi, logo, brosur dan lain sebagainya. Hal tersebut tentunya memerlukan kreatifitas yang tinggi.

6. Penulis Konten

Penulis konten menjadi salah satu freelancer yang paling banyak dicari, hal ini karena menjadi seorang penulis tidak memerlukan modal banyak. Bagi freelancer pemula, penulis konten sangat recomended karena Anda bisa mempelajarinya.

Sebagai seorang penulis konten biasanya harga sesuai dengan tingkat kesulitan dan banyaknya kata. Ada banyak artikel yang bisa Anda ditulis misalnya artikel mengenai makanan, wisata, produk dan masih banyak lagi.

7. Ghost Writer

Ada juga jasa ghost writer, apa itu ghost writer? Ghost writer merupakan seorang penulis yang sudah banyak melalang buana. Sebenarnya hampir sama dengan penulis kreator, hanya saja seorang ghost writer rela tidak mencantumkan namanya saat tulisannya di publish.

Seorang ghost writer akan diberi naskah yang disediakan oleh pemesan. Biasanya berisi key word atau hanya draft mentah. Beberapa draft bahkan membutuhkan wawancara dan juga reset untuk bisa dijadikan tulisan oleh karena itu pekerjaan ini cukup menantang.

Berikut merupakan jasa freelance paling banyak dicari terutama bagi para anak muda. Sehingga sudah Anda sudah memiliki bayangan mengenai kerja freelance itu seperti apa dan berbagai macamnya. Pilihlah pekerjaan freelance yang paling sesuai dengan bakat Anda.

Priyo Harjiyono

Blogger Jogja yang suka melanglang buana di dunia maya. Temukan cerita menariknya di anotherorion.com

One thought on “7 Pekerjaan Freelance Paling Banyak Dicari

  • Mantap kalau aku lebih tertarik jadi content kreator sih

Komentar kamu