Tuesday, March 19, 2024
Baru TerbitBerita TeknologiLaptop

Alasan Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) Merupakan Laptop Ultimate Para Konten Kreator

Tahun 2022 bisa dikatakan sebagai tahunnya para konten kreator. Semenjak pandemi melanda, jumlah konten kreator semakin bertambah pesat. Hal tersebut tidak hanya disebabkan oleh situasi yang memaksa semua orang berada di dalam rumah, tetapi juga potensi dan pasar konten kreator itu sendiri yang sangat besar. Meski pandemi tidak melanda dunia, konten kreator akan tetap menjadi salah satu profesi yang populer di tahun 2022.

Konten kreator sangat berbeda dengan profesi lainnya. Kebutuhan akan perangkat komputasi seperti laptop misalnya, yaitu konten kreator lebih membutuhkan laptop dengan performa lebih kencang serta dilengkapi dengan fitur penunjang khusus untuk konten kreator. Tidak jarang laptop yang dirancang khusus untuk para konten kreator memiliki desain yang berbeda dengan fungsionalias khusus yang bisa dimanfaatkan oleh para konten kreator.

Namun dari semua laptop konten kreator yang ada saat ini, ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) merupakan laptop yang ada di kasta tertinggi. Inilah keunggulan Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) yang segala aspeknya dirancang khusus untuk menunjang aktivitas para konten kreator:

Dibekali Layar ASUS OLED

Konten kreator tidak hanya membutuhkan laptop dengan performa kencang, tetapi juga layar yang mampu menghadirkan kualitas visual terbaik. Kualitas visual sendiri dapat direpresentasikan melalui tingkat reproduksi dan akurasi warna, serta dukungan fitur seperti HDR. Menjawab hal tersebut, Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) hadir dengan layar utama ASUS OLED yang merupakan teknologi layar laptop terbaik saat ini.

Layar ASUS OLED di Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) hadir dengan resolusi tinggi dan telah dilengkapi dengan beragam fitur, teknologi serta inovasi sehingga menghasilkan layar yang mampu menampilkan visual dengan warna yang sangat kaya, tajam, akurat, dan tidak merusak kesehatan mata. Ditambah lagi rasio layarnya dapat menghadirkan ruang kerja lebih luas sehingga penggunanya dapat beraktivitas secara lebih leluasa.

Setiap laptop yang menggunakan layar ASUS OLED telah dijamin mampu menghasilkan kualitas visual dengan warna yang sangat kaya dan akurat. Tidak tanggung-tanggung, ASUS OLED memiliki color gamut 100% DCI-P3 dan telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display. ASUS OLED juga mendukung teknologi HDR dan telah tersertifikasi VESA DisplayHDR True Black. Singkatnya, layar ASUS OLED diciptakan berdasarkan standar kebutuhan industri kreatif. Dengan demikian, semua konten yang ditampilkan oleh ASUS OLED dijamin akurat sesuai dengan apa yang ingin ditampilkan oleh sang pembuat konten.

Layar ASUS OLED di Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) hadir dengan resolusi 2,8K dengan refresh rate hingga 120Hz. Layar tersebut juga memiliki response time ultra cepat, yaitu hingga 0,2 ms sehingga sangat cocok untuk para kreator di bidang animasi dan video editing. Layar ASUS OLED juga telah dibekali dengan ASUS OLED Care yang dapat mencegah efek screen retention dan burn-in untuk muncul sekaligus membantu meningkatkan durabilitas layar secara keseluruhan. Fitur ASUS OLED Care dapat diakses dan diatur secara langsung melalui aplikasi MyASUS yang telah terpasang di Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE).

ASUS OLED juga dibekali fitur bernama Eye Care. Fitur tersebut memungkinkan spektrum cahaya biru yang berbahaya untuk mata dikurangi secara drastis tanpa mengorbankan kualitas visual. Inovasi tersebut membuat ASUS OLED dapat mengurangi paparan radiasi sinar biru yang berbahaya untuk kesehatan mata dalam jangka panjang. ASUS OLED juga telah mengantongi sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk low-blue light dan anti-flicker. Berkat ASUS OLED, pengguna Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) dapat menikmati sajian visual terbaik sekaligus dapat beraktivitas lebih lama tanpa harus khawatir dengan dampak negatif layar laptop bagi kesehatan mata.

Lebih Produktif dengan Dua Layar dan ScreenXpert

Konten kreator termasuk individu yang sering melakukan multitasking saat menggunakan laptop. Multitasking membuat para konten kreator untuk lebih produktif dalam beraktivitas dan cara multitasking terbaik adalah dengan memperluas ruang kerja. Di laptop, ruang kerja dapat diperluas dengan memperbesar layar dan menghadirkan resolusi layar yang lebih tinggi atau menambah layar laptop. Sayangnya tidak ada laptop layar ganda dengan desain dan fungsionalitas sebaik Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE).

Sesuai dengan namanya, Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) merupakan laptop 14-inci yang menggunakan desain layar ganda. Layar keduanya yaitu ScreenPad Plus memiliki ukuran 12,7-inci dan resolusi 2880×864 pixel. ScreenPad Plus berfungsi untuk memperluas ruang kerja bagi para pengguna Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE), sehingga mereka dapat beraktivitas secara lebih produktif.  ScreenPad Plus juga mendukung penggunaan ASUS Pen 2.0, yaitu stylus dengan 4096 pressure level yang telah menggunakan Microsoft Pen Protocol 2.0 untuk pengalaman menulis dan menggambar yang jauh lebih baik dari generasi stylus sebelumnya.

ScreenPad Plus di Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) telah dilengkapi dengan ScreenXpert, yaitu fitur yang memudahkan penggunanya untuk melakukan multitasking. ScreenXpert memiliki fitur yang memungkinkan pengguna Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) untuk dapat melakukan manajemen aplikasi secara mudah, bahkan tanpa menggunakan mouse ataupun touchpad. ScreenXpert juga mempermudah pengguna Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) untuk mengatur posisi jendela aplikasi melalui fitur touchscreen sehingga membuat proses multitasking semakin mudah dan intuitif.

ScreenPad Plus juga memiliki fitur yang sangat unik dan tidak bisa ditemukan di laptop lainnya, yaitu Control Panel. Fitur tersebut memungkinkan ScreenPad Plus di Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) ditransformasi menjadi panel kontrol saat membuka aplikasi kreatif dari Adobe. Panel kontrol tersebut juga dapat dikustomasi dan terintegrasin langsung dengan Adobe Photoshop, Lightroom Classic, Illustrator, Premiere Pro, dan After Effect. Pengguna laptop ini juga dapat menikmati layanan Adobe Creative Cloud secara cuma-cuma selama tiga bulan.

Powerful dengan 12th Gen Intel®️ Core™️ i7 H-Series Processor

Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) tidak akan hadir sebagai laptop ultimate para konten kreator jika tidak dibekali dengan hardware terbaik. Untuk itulah ASUS membekali laptop ini dengan 12th Gen Intel®️ Core™️ i7 H-Series Processor terbaru, yaitu prosesor yang biasanya digunakan di laptop gaming.

Prosesor 12th Gen Intel®️ Core™️ i7 H-Series merupakan prosesor generasi terbaru yang tentu saja telah dibekali dengan fitur paling modern. Fitur tersebut meliputi dukungan RAM DDR5, konektivitas PCIe Gen 4.0, serta fitur pendukung seperti Intel Quick Sync. Ya, Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) sudah menggunakan memori LPDDR5 berkapasitas 16GB dan penyimpanan PCIe SSD berkapasitas hingga 1TB.

Ditambah dengan dukungan Intel Quick Sync, Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) menjadi laptop yang sangat powerful terutama saat memproses video. Prosesor 12th Gen Intel®️ Core™️ i7 H-Series di Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) juga tidak bekerja sendirian karena laptop ultimate para konten kreator ini juga dibekali chip grafis NVIDIA® GeForce RTX™ 3050Ti.

Tidak hanya mampu membantu berbagai pemrosesan grafis, chip grafis tersebut juga memiliki memori terdedikasi sebesar 4GB serta dukungan fitur grafis modern termasuk real-time ray-tracing. Kehadiran chip grafis NVIDIA® GeForce RTX™ 3050Ti merupakan salah satu alasan mengapa Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) merupakan laptop ultimate bagi para konten kreator.

Sistem Pendingin Powerful

Hardware yang powerful seperti yang ada di dalam Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) tentu saja membutuhkan sistem pendingin khusus. Untuk itulah ASUS membekali Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) dengan sistem pendingin AAS Ultra terbaru yang membuat layar kedua di laptop ini terangkat saat digunakan. AAS Ultra menggunakan mekanisme engsel khusus sehingga posisi layar kedua dapat membentuk sudut yang optimal untuk digunakan serta menghadirkan rongga udara ekstra untuk sistem pendinginan di laptop ini.

Berkat rongga udara ekstra yang dihadirkan oleh AAS Ultra, sistem pendingin Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) dapat bekerja secara optimal. Melalui dua kipas yang powerful, seluruh komponen dapat didinginkan dengan baik, sehingga Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) dapat selalu bekerja secara optimal.

Desain Ringkas dan Portabel

Memiliki dua layar dengan dukungan touchscreen, dibekali 12th Gen Intel®️ Core™️ i7 H-Series Processor dan chip grafis NVIDIA® GeForce RTX™ 3050Ti, serta memiliki sistem pendingin khusus yang powerful. Melihat spesifikasi dan fiturnya, Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) sering dianggap sebagai laptop yang besar dan berat. Namun ternyata kenyataannya tidak demikian. Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) merupakan laptop dengan layar 14-inci yang sangat ringkas dan portabel.

Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) memiliki ketebalan tidak lebih dari 1,96 cm serta bobot hanya 1,75 Kg. Hingga saat ini, ia merupakan satu-satunya laptop dua layar yang paling ringkas yang bisa Anda dapatkan. Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) juga didukung oleh fitur USB Power Delivery sehingga laptop ini dapat diisi daya baterainya menggunakan adapter maupun power bank USB Type-C.

Konektivitas Lengkap

Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) merupakan laptop modern yang tentu saja dibekali dengan fitur konektivitas terkini. Selain dibekali port yang sangat lengkap mulai dari HDMI, 3.5mm combo audio jack, dan USB Type-A, Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) juga memiliki dua port USB Type-C Thunderbolt 4. Port Thunderbolt 4 menawarkan kecepatan transfer data yang tinggi, dukungan penggunaan berbagai perangkat profesional, dukungan pengisian daya melalui fitur USB Power Delivery, serta membuat Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) untuk dapat terhubung ke monitor beresolusi tinggi.

Sementara dari sisi konektivitas nirkabel, Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) hadir dengan Bluetooth 5 dan WiFi 6E (802.11ax) sehingga dapat terhubung ke jaringan wireless 6GHz. Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) juga dibekali dengan fitur ASUS WiFi Master yang membuat laptop ini secara cerdas memilih untuk terkoneksi ke access point yang memiliki kualitas sinyal WiFi paling baik. Berkat fitur tersebut, pengguna Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) dapat beraktivitas secara lebih produktif tanpa terganggu dengan kualitas sinyal WiFi yang buruk.



Main Spec.
Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE)
CPUIntel® Core™ i7-12700H Processor 2.3 GHz (up to 4.7 GHz, 6P+8E cores)
Operating SystemWindows 11 Home
Memory16GB LPDDR5
Storage1TB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 Performance SSD 512GB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 Performance SSD
Display14.5-inch, 2.8K (2880 x 1800) 16:10, FOLED, 120Hz 0.2ms, 550nits, DCI-P3 100%, Pantone Validated, VESA HDR True Black
ScreenPad™ Plus12.7-inch (2880 x 864) 16:5, IPS-Level, DCI-P3 100%, Pantone Validated
GraphicsNVIDIA® GeForce RTX 3050Ti Intel® Iris® Xe Graphics
Input/Output1x HDMI 2.1 FRL, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A 2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery, Micro SD Express 7.1 card reader
ConnectivityWi-Fi 6E(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth® 5
Camera720p HD camera
AudioSmart Amp Technology, Built-in speaker, Built-in microphone, harman/kardon certified audio systems
Battery76WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimension32.35 x 22.47 x 1.79 ~ 1.96 cm
Weight1.75 Kg
ColorsTech Black
PriceRp33.999.000 (Core i7 / 16GB RAM / RTX 3050Ti / 512GB SSD) Rp35.999.000 (Core i7 / 16GB RAM / RTX 3050Ti / 1TB SSD)
Warranty2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty

Komentar kamu