Friday, June 21, 2024
BlogTutorialTutorial Software

VPN di Android Tanpa Aplikasi Tambahan

Jakarta, PCplus – Pada video tutorial kali ini PCplus mau sharing Cara Memasang VPN di Android Tanpa Aplikasi Tambahan. Ini penting buat kamu yang ingin tahu bagaimana caranya buka situs yang diblokir tanpa perlu instal aplikasi tambahan.

Baca Juga: Begini Cara Memanfaatkan VPN Opera

Prinsip dasar VPN

Sebagai informasi, VPN bekerja dengan “mengalihkan” traffik data yang kamu kirim melalui jalur lain. Contohnya gini. Umpamakan kalian mau pergi ke Bandung lewat tol Cikampek. Tapi, di tol cikampek ternyata ada perbaikan, sehingga jalan diblokir. Kamu tidak bisa memaksa lewat jalan yang diblokir tersebut apapun caranya. Nah, sebagai alternatif, kamu harus mencari jalan lain, misalnya lewat jalur Puncak, Cianjur, dan seterusnya sampai ke Bandung.

Prinsip yang sama kurang lebih dipakai VPN untuk menghindari blokir. Data kamu akan lindungi dengan algoritma enkripsi tertentu dan traffiknya dialihkan ke server dimana layanan VPN dijalankan. Dari server itu kemudian traffik akan dialihkan selanjutnya ke tujuan sebenarnya.

Nah, buat menjalankan VPN ini tidak bisa langsung. Kamu harus melakukan setting manual di smartphone Android dengan mengetahui penyedia layanan (server) dari VPN yang mau kamu aktifkan. Di artikel ini PCplus contohkan server VPN dari VPNBook yang berada di Jerman. Mungkin, saat kalian membaca artikel ini, server tersebut sudah tidak aktif. Kalau itu terjadi, jangan kuatir, cukup buka link vpnbook.com dan cari alamat yang masih aktif di tab PPTP.

Contoh server aktif di VPNBook.com (PCplus/Si Ciplus)

Kalau sudah tahu, tinggal melakukan pengaturan di Android. Silahkan simak baik-baik tutorial cara setting manual VPN gratisan di Android tanpa aplikasi tambahan berikut ini:

Time needed: 3 minutes

  1. Buka pengaturan HP

  2. Pilih menu Network & Internet

  3. Pilih menu VPN

  4. Tambahkan Profile VPN baru

    Server address: de4.vpnbook.com (Germany)
    Username & password: vpnbook & w48bf5a

  5. Simpan Profile VPN

  6. Hubungkan HP ke Profile VPN

  7. Selesai, devices berhasil terhubung ke VPN

Cukup mudah bukan mengaturnya? jika kamu masih bingung dan kurang jelas, bisa kunjungi artikel ini Cara Setting VPN di Android, di artikel tersebut dijelaskan secara jelas bagaimana caranya menambahkan VPN ini, bahkan ada list ataupun daftar VPN gratisan yang bisa kamu coba-coba selain server dari Jerman.

Febri Tri Harmoko

Hi, I've been a tech enthusiast and content creator on XKOMODOTCOM since 2014. I started becoming a content writer in 2009 when I was in high school. I love this job as my hobby to create and make my brain always work every day.

Komentar kamu