Tuesday, March 19, 2024
Baru TerbitBerita TeknologiLaptopReview HardwareReview Produk

ASUS ROG Zephyrus Duo 16, Laptop Gaming untuk Semua

Apakah Anda sedang mencari hadiah istimewa untuk diri Anda sendiri? Atau Anda mungkin sedang mencari hadiah untuk orang lain yang paling Anda kasihi?

Hadiah memang harus bersifat istimewa dan penuh manfaat. Tidak hanya sekadar hadir sebagai simbol niat baik Anda, hadiah juga melambangkan dukungan Anda terhadap kehidupan keseharian sang penerima hadiah tersebut.

Tentunya Anda berharap siapapun yang menerima hadiah yang Anda berikan, dapat tampil lebih baik dan produktif tahun depan. Apalagi kalau hadiah tersebut sangat mendukung untuk itu.

Contohnya jika Anda menghadiahkan ROG Zephyrus Duo 16. Meskipun laptop ini menyandang nama laptop gaming, namun Zephyrus Duo 16 bukan sekadar laptop gaming biasa. Laptop ini dibekali dengan dua layar beresolusi tinggi.

Adanya fasilitas dua buah layer resolusi tinggi pada laptop tersebut membuatnya sangat cocok untuk digunakan oleh para creator atau pengguna yang sering malakukan multitasking.

Ditambah dengan hardware yang sangat mumpuni dan ditenagai oleh chip grafis NVIDIA® GeForce® RTX™ 30 Series, ROG Zephyrus Duo 16 dapat menjadi pusat hiburan, pusat kreativitas, dan penunjang produktivitas.

Powerful untuk Semua Aktivitas

ROG Zephyrus Duo 16 telah ditenagai oleh chip grafis hingga NVIDIA® GeForce® RTX™ 3080Ti serta prosesor Ryzen™ 6000 Series. Kombinasi keduanya memberikan ROG Zephyrus Duo 16 performa powerful untuk semua aktivitas, mulai dari AAA gaming, game streaming, hingga content creation. Chip grafis NVIDIA® GeForce® RTX™ 3080Ti yang tertanam di laptop ini memiliki TGP hingga 165W sehingga memastikan semua game dapat berjalan tanpa hambatan.

Chip grafis NVIDIA® GeForce® RTX™ 3080Ti merupakan chip grafis generasi modern dengan arsitektur Ampere. Chip grafis modern tersebut juga mendukung berbagai teknologi grafis canggih seperti real-time ray tracing sehingga game dapat ditampilkan dengan kualitas visual terbaik. Berikut perbandingan performa NVIDIA® GeForce® RTX™ 3080Ti dengan chip grafis generasi sebelumnya:

Selain itu, chip grafis NVIDIA® GeForce® RTX™ 3080Ti juga mendukung fitur NVIDIA DLSS. Fitur tersebut memungkinkan game di-render pada resolusi yang lebih rendah dan kemudian di-upscale menggunakan system machine learning canggih sehingga dapat menghasilkan kualitas serupa dengan hasil render pada resolusi native.

Dengan demikian, game dapat berjalan jauh lebih baik saat menggunakan NVIDIA DLSS di resolusi tinggi. Berikut perbandingan performa saat chip grafis NVIDIA® GeForce® RTX™ 3080Ti  menggunakan DLSS dan tidak menggunakan DLSS:

Tidak hanya itu, ROG Zephyrus Duo 16 juga dibekali dengan memori DDR5 4800MHz yang kapasitasnya dapat di-upgrade hingga 64GB serta penyimpanan PCIe 4.0 SSD yang dapat dikonfigurasikan pada mode RAID untuk performa lebih kencang. Semua itu dihadirkan di dalam bodi laptop yang lebih ringkas dibandingkan dengan seri ROG Zephyrus Duo tahun lalu.

Dibekali dengan hardware yang powerful, ROG Zephyrus Duo 16 tentu membutuhkan sistem pendingin terbaik. Sejak tahun 2021 lalu, seri ROG Zephyrus Duo telah dibekali dengan liquid metal sebagai thermal compound agar panas dapat dilepaskan secara lebih optimal.

Kini ROG Zephyrus Duo 16 menggunakan Thermal Grizzly Conductonaut Extreme Liquid Metal yang memiliki tingkat hantaran panas hingga 17 kali lebih tinggi ketimbang thermal paste standar. Penggunaan liquid metal khusus tersebut memungkinkan ROG Zephyrus Duo 16 dapat beroperasi di suhu hingga 15ᵒC lebih rendah.

Tidak hanya itu, berkat penggunaan Thermal Grizzly Conductonaut Extreme Liquid Metal ROG Zephyrus Duo 16 dapat beroperasi dengan mode boost yang lebih lama. Penggunaan liquid metal khusus tersebut juga meningkatkan TGP chip grafis NVIDIA® GeForce® RTX™ yang terpasang di ROG Zephyrus Duo 16 secara signifikan, yaitu hingga 165W, jauh melampaui standar TGP laptop pendahulunya.

Terlebih lagi, liquid metal tidak akan kering seperti thermal paste standar sehingga gamer tidak perlu khawatir performanya akan turun dalam jangka waktu yang panjang.

ROG Zephyrus Duo 16 kini juga dibekali dengan MUX Switch, yaitu chip khusus yang dapat mengatur jalur data visual yang ditampilkan di layar laptop. Melalui MUX Switch, jalur data visual dari discrete chip grafis bisa dialihkan langsung ke layar laptop tanpa harus melalui prosesor dan integrated chip grafis-nya.

MUX Switch sangat berguna saat laptop gaming ROG bekerja menggunakan discrete chip grafis yang tertanam di dalamnya, seperti halnya saat bermain game. Karena data visual kini dapat ditampilkan langsung dari discrete chip grafis, performa dalam game pun dapat ditampilkan secara lebih baik. Peningkatan performa pada game dengan menggunakan MUX Switch dapat mencapai 10-30%.


Main Spec.
ROG Zephyrus Duo 16 (GX650)
GPUNVIDIA® GeForce® RTX™ 3080Ti
CPURyzen™ 9 6900HX Mobile Processor (8-core/16-thread, up to 4.9 GHz boost)
Operating SystemWindows 11 Home
Memory2x16GB DDR5 4800MHz
Storage2TB M.2 NVMe™ PCIe®4.0 SSD
Display16”, WQXGA (2560 x 1600) 16:10, ROG Nebula HDR Display, Mini LED, 165Hz, 3ms, Adaptive Sync, Mux Switch, Dolby Vision HDR, PANTONE Validated, 100% DCI-P3, 1100 nits
Second DisplayScreenPad™ Plus (14″ 3840 x 1100(4K) IPS-level Panel Support Stylus)
Input/Output1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x HDMI 2.1, 2x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ + power delivery + G-SYNC, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™, 1x RJ45 LAN port
Camera720P HD IR camera with Windows Hello facial recognition
ConnectivityWi-Fi 6E (802.11ax) + Bluetooth 5.2 (Dual band) 2*2
AudioSmart Amp Technology, Dolby Atmos, AI noise-canceling technology, Hi-Res certification, Built-in array microphone, 6-speaker(dual-force woofer) system with Smart Amplifier Technology
Battery90WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimension35.5 x 26.6 x 2.05 ~ 2.05 cm
Weight2.55 Kg
ColorsBlack
PriceRp76.999.000 (Ryzen™ 9/RTX 3080Ti/ Nebula HDR WQXGA 165Hz/2x16GB RAM/2TB SSD)
Warranty2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty

Berikut hasil benchmark ROG Zephyrus Duo 16 yang menggunakan prosesor chip grafis NVIDIA® GeForce® RTX™ 3080Ti dan Ryzen™ 9 6900HX:

Layar Ganda untuk Aktivitas Tanpa Batas

ROG Zephyrus Duo 16 hadir dengan ROG ScreenPad Plus™, yaitu layar kedua berukuran 14,1-inci dengan resolusi hingga 4K. ROG ScreenPad Plus™ dapat digunakan untuk berbagai skenario penggunaan, salah satunya adalah memungkinkan gamer untuk mengakses aplikasi lainnya tanpa harus menutup sementara game yang sedang dimainkan.

ROG ScreenPad Plus™ juga sangat berguna bagi konten kreator yang selalu membutuhkan ruang kerja lebih luas. Ditambah dengan dukungan penggunaan stylus, ROG ScreenPad Plus™ di ROG Zephyrus Duo 16 memiliki potensi yang tidak terbatas.

ROG ScreenPad Plus™ juga hadir di ROG Zephyrus Duo 16 menggunakan mekanisme khusus yang dirancang secara eksklusif. Saat layar utama dibuka, mekanisme khusus tersebut akan mengangkat dan menggeser ROG ScreenPad Plus™ secara otomatis ke arah layar utama untuk pengalaman penggunaan yang lebih immersive dan hamper tanpa bezel.

Mekanisme tersebut juga membuat ROG Zephyrus Duo 16 memiliki rongga udara ekstra saat dioperasikan sehingga dapat meningkatkan performa pendinginan secara signifikan.

ROG Nebula HDR™, Standar Baru Layar Laptop Gaming Terbaik

ROG Zephyrus Duo 16 merupakan laptop pertama di dunia yang hadir dengan layar ROG Nebula HDR™, yaitu sebuah standar baru untuk layar laptop gaming. ROG Nebula HDR™ dibangun atas kebutuhan dasar gaming yaitu kecepatan, tingkat kecerahan, dan kualitas visual.

Layar laptop gaming yang menggunakan ROG Nebula HDR™ seperti ROG Zephyrus Duo 16 dipastikan mengusung panel yang memiliki color gamut 100% DCI-P3, tingkat kecerahan 1100 nits, dilengkapi fitur adaptive sync, serta memiliki response time 3ms. Tidak hanya itu, layar ROG Nebula HDR™ juga telah mengantongi sertifikasi PANTONE® Validated Display untuk akurasi warna, TÜV Rheinland untuk low blue light dan anti-flicker, serta mendukung teknologi dari Dolby Vision®.

Berbeda dengan layar laptop gaming pada umumnya, ROG Nebula HDR™ menggunakan panel mini LED yang memiliki 512 dimming zone. Berkat adaptasi panel Mini LED, laptop yang menggunakan ROG Nebula HDR™ seperti ROG Zephyrus Duo 16 telah dapat mendukung dan menampilkan konten HDR bersertifikasi VESA DisplayHDR™ 1000 dengan polling rate hingga 5400Hz atau sepuluh kali lebih kencang dari layar laptop lainnya berkat Nebula HDR Engine.

Lebih Nyaman dengan Konektivitas Lengkap

Selain dibekali dengan hardware yang powerful serta layar kedua, ROG Zephyrus Duo 16 juga hadir dengan konektivitas yang sangat lengkap dan modern. ROG Zephyrus Duo 16 dibekali dengan port berteknologi terkini untuk kebutuhan gaming dan content creation modern, seperti HDMI 2.1. Port display output generasi terbaru tersebut memungkinkan ROG Zephyrus Duo 16 untuk dapat terhubung ke layar eksternal hingga resolusi 8K 60Hz atau 4K 120Hz.

Konektivitas nirkabel merupakan hal yang tidak kalah penting bagi gamer dan content creator. Untuk itulah ROG Zephyrus Duo 16 dibekali dengan WiFi generasi terbaru yaitu WiFi 6E (802.11ax). Berbeda dengan WiFi generasi sebelumnya, WiFi 6E hadir dengan opsi frekuensi tambahan yaitu 6GHz yang lebih stabil dan memiliki kecepatan transfer data lebih tinggi.

Selain itu, ROG Zephyrus Duo 16 juga telah dibekali dengan Bluetooth 5.2 sebagai fasilitas untuk menghubungkan berbagai perangkat seperti headphone atau mouse nirkabel.

Dengan segala fasilitas yang diberikan pada laptop ini, pantas saja Anda atau orang terkasih Anda yang menggunakan laptop ini bisa lebih menikmati aktivitas sehari-hari dengan lebih maksimal. Apapun pekerjaan yang dilakukan.

Komentar kamu