Friday, June 21, 2024
Berita TeknologiEnterprise dan Korporasi

FICO Cloud Platform, Solusi Pengambilan Keputusan dengan Teknologi AI untuk Bisnis Modern

Jakarta, PCplus – Teknologi yang hadir di FICO Cloud Platform siap mendukung proses bisnis. Dengan menyediakan analisis tingkat lanjut dan kemampuan kecerdasan buatan untuk meningkatkan pertumbuhan, memperkuat hubungan dengan pelanggan, dan memungkinkan transformasi perusahaan.

Baca Juga: Helios Gandeng Microsoft Luncurkan Layanan Cloud

Didirikan tahun 1956, perusahaan ini merupakan pelopor penggunaan analisis prediktif, AI, dan ilmu data untuk memperkuat pengambilan keputusan operasional. Dengan lebih dari 200 hak paten di Amerika Serikat dan luar negeri, FICO menawarkan teknologi yang mampu meningkatkan profitabilitas, kepuasan pelanggan, dan pertumbuhan bisnis di berbagai bidang. Utamanya jasa keuangan, manufaktur, telekomunikasi, perawatan kesehatan, ritel, dan industri lainnya.

Survey preferensi bisnis di Indonesia (PCplus/Maseko)

Berdasarkan survey yang pernah diselenggarakan, meningkatkan pengalaman pelanggan/nasabah masih menjadi prioritas tertinggi saat ini. Angkanya mencapai 74% di kalangan pengambil kebijakan bisnis di Indonesia. Namun, sebagian besar perusahaan bisnis masih menghadapi kesulitan dalam menganalisa dan menentukan kebijakan yang harus diambil. Membutuhkan waktu berbulan-bulan hanya untuk memutuskan satu kebijakan saja. FICO platform, mampu membantu perusahaan. Melalui kemampuan untuk melakukan perubahan dengan cepat (ability of changing rapidly) dengan semangat memahami pelanggan/nasabah (understanding your customers).

Prioritas di pengalaman pelanggan

Menurut studi Forrester Consulting yang baru-baru ini diprakarsai oleh FICO dan dikenal sebagai studi ‘Current State of Advanced Analytics Adoption’. Meningkatkan pengalaman pelanggan merupakan prioritas utama bagi tiga dari empat pengambil keputusan industri di Indonesia. Studi ini juga mengungkapkan bahwa lembaga jasa keuangan yang telah menerapkan atau memperluas penggunaan teknologi analisis tingkat lanjut cenderung mengalami peningkatan akuisisi pelanggan, peningkatan profitabilitas, dan peningkatan pemenuhan kepatuhan.

Solusi Fico Cloud Platform (PCplus/Maseko)

Platform FICO® yang beroperasi di Amazon Web Services (AWS), menawarkan banyak fitur yang mampu membantu bisnis dalam memenangkan persaingan/kompetisi. Keamanan menjadi prioritas dengan protokol enkripsi canggih dan kontrol akses yang ketat, memastikan perlindungan maksimal terhadap data sensitif. Infrastruktur komputasi awan mutakhir dari platform ini memfasilitasi pengolahan dan analisis secepat kilat terhadap volume data yang sangat besar. Dan memungkinkan bisnis untuk mengambil keputusan secara real-time. Dengan infrastruktur yang dapat disesuaikan dan kemampuan komputasi yang kuat, Platform FICO® memastikan agar perusahaan dapat memanfaatkan potensi penuh dari kecerdasan buatan dan analisis tingkat lanjut untuk tetap unggul di pasar yang kian kompetitif.

Implementasi solusi di banyak negara

Dengan menggunakan solusi FICO, bisnis di hampir 120 negara dapat menangani berbagai hal. Mulai dari melindungi 2,6 miliar kartu pembayaran dari penipuan, meningkatkan inklusi keuangan, sampai meningkatkan ketahanan rantai pasokan. Bahkan, skor FICO® digunakan oleh 90% pemberi pinjaman terkemuka di Amerika Serikat. Ini menjadikannya ukuran standar risiko kredit konsumen di Amerika Serikat dan negara-negara lain, sehingga mampu meningkatkan manajemen risiko, akses kredit, dan transparansi.

FICO menegaskan komitmennya di Indonesia setelah lebih dari satu dekade melayani pasar dengan solusi on-premise dan hosted yang canggih. Dengan hadirnya FICO cloud platform, diharapkan klien-klien terdahulu dapat mengadopsi peningkatan layanan yang ditawarkan oleh FICO saat ini. Bukan hanya itu saja, potensi peluang bisnis baru untuk bergabung dengan FICO cloud platform ini juga masih sangat terbuka luas.

Bahkan, Superbank, bank baru yang didukung oleh Grab, Emtek, dan Singtel–telah memilih Platform FICO® untuk meningkatkan layanan digitalnya dan memperluas jangkauan layanannya. Superbank ingin memanfaatkan sumber daya data, teknologi, dan jaringannya yang luas untuk melayani masyarakat yang tidak memiliki rekening bank di Indonesia dengan menyediakan produk keuangan yang sederhana, transparan, dan fleksibel.

Hadirnya solusi FICO cloud computing, khususnya untuk bisnis yang berorientasi pada pelanggan/nasabah, akan mampu menambah tingkat kepercayaan, baik dari sisi perusahaan, maupun dari sisi pelanggan/nasabah yang menggunakan jasa layanan pada bisnis tersebut.

Komentar kamu