Friday, March 1, 2024
Berita Teknologi

Embedded Lifestyle API dari Ayoconnect

Jakarta, PCplus – Menyambut pertumbuhan transaksi digtal yang kian tinggi, Ayoconnect terus mengembangkan inovasi Embedded Lifestyle API miliknya. Inovasi ini dapat menyediakan lebih dari 10 layanan end-to-end untuk perjalanan dan gaya hidup dalam satu aplikasi. Layanan ini meliputi pemesanan tiket kereta api, penerbangan, dan hotel.

Baca Juga: Kolaborasi Ayoconnect dan Kredivo, Bikin Mudah Transaksi Digital

Embedded Lifestyle API Ayoconnect sudah terintegrasi dengan KAI, Traveloka, dan berbagai penerbangan dan penginapan. Dengan satu kali integrasi, bisnis dapat meluncurkan berbagai layanan tersebut dalam aplikasi mereka tanpa biaya integrasi berulang. Bisnis juga dapat menghemat sumber daya dan fokus pada strategi inti usaha.

Embedded Lifestyle API Ayoconnect juga berfokus pada percepatan pengembalian investasi (ROI) usaha dengan proses integrasi yang sederhana dan cepat. Inovasi ini memungkinkan perusahaan beroperasi dengan tim yang lebih ramping.

Embedded Lifestyle API Ayoconnect berkontribusi dalam pertumbuhan bisnis mitra Ayoconnect, seperti Bank Mandiri dan Bank DKI. Bank Mandiri meluncurkan fitur Livin’ Sukha di superapp Livin’ by Mandiri pada pertengahan tahun 2022, yang menyediakan fitur pembelian tiket kereta KAI dan voucher game dengan menggunakan Payment Services API Ayoconnect. Fitur Sukha mencatat pertumbuhan nilai transaksi sebesar 4x lipat sejak diluncurkan pada Mei 2022.

Bank DKI juga mengumumkan kemitraan pengembangan solusi berbasis open banking dengan Ayoconnect pada pertengahan tahun 2023. Kolaborasi ini memungkinkan JakOne Mobile App untuk menyediakan fitur pemesanan hingga pembelian tiket KAI di satu aplikasi. Melalui adopsi layanan perbankan berbasis digital, Bank DKI berhasil mencatatkan kinerja pertumbuhan laba bersih sebesar 17,77% menjadi Rp233,20 miliar pada Maret 2023 dibandingkan Rp 198,01 miliar pada Maret 2022 pada triwulan I 2023.

Jakob Rost, CEO dan Founder Ayoconnect, mengatakan bahwa Embedded Lifestyle API mendapat antusiasme yang tinggi dari pelanggan. Ia optimis bahwa inovasi ini akan terus mendorong pertumbuhan adopsi pembayaran digital sesuai dengan tren masyarakat di tahun 2024 mendatang.

Potensi besar open finance di masa depan

Inovasi open finance di masa depan memiliki potensi bisnis yang besar. Terlihat dari meningkatnya jumlah rekening orang dewasa berusia 15 tahun ke atas menjadi 51,8% pada tahun 2021. Transaksi perbankan digital juga tumbuh 9,88% year-on-year hingga mencapai Rp 4,944 triliun (~US$328,19 juta) per Maret 2023, menurut data Bank Indonesia (BI).

Ayoconnect akan terus menjalin kerjasama dengan berbagai mitra dari sektor keuangan dan non-keuangan. Misinya untuk terus mengembangkan Solution Stacks Ayoconnect dalam Open Banking API dan Payment Services API. Hal ini akan membuka lebih banyak peluang bagi fintech, bank, dan sektor lainnya untuk berkolaborasi dalam menciptakan sumber pendapatan baru dan mendukung inklusi keuangan nasional.

Komentar kamu