Thursday, May 30, 2024
TrikTutorial

Tips Menggunakan Threads Yang Aman

Jakarta, PCplus – Threads baru-baru ini meluncurkan versi web baru. Ini memungkinkan pengguna mencari konten dan menggunakan fitur lain dari perangkat desktop apa pun. Menurut statistik Similarweb, Threads memiliki 13,2 juta pengunjung bulanan. Nah, kalian yang masih menggunakan Threads, ada beberapa tips dari ahli Kaspersky tentang cara menggunakan platform ini dengan aman, melindungi data pribadi, dan menghindari penipu.

Baca Juga: Meta Akan Buat Saingan Twitter

Hal penting yang perlu kamu tahu tentang pengaturan keamanan di Threads
  • Threads menawarkan fitur Pemeriksaan Keamanan.
    Fitur ini menampilkan data penting terkait keamanan akun Threads, Instagram, atau Facebook kamu. Data ini meliputi alamat email, nomor ponsel, waktu terakhir mengubah kata sandi, dan status otentikasi dua faktor (2FA).
  • Jangan lupa untuk mengaktifkan 2FA.
    Threads terhubung dengan profil Instagram kamu dan menggunakan detail login yang sama. Jadi ingat: satu kata sandi memberikan akses ke dua akun! Menggunakan 2FA akan menambah lapisan keamanan yang melindungi akun dari akses tidak sah. Kamu juga dapat menggunakan pengelola kata sandi andal yang dapat membuat dan menyimpan kata sandi unik sekali pakai untuk 2FA. Ini membuat kamu tidak perlu menginstal dan menggunakan solusi terpisah untuk otentikasi.
  • Kamu tidak bisa menghapus akun Threads sendiri
    Profil Instagram yang terkait juga akan terhapus karena keduanya saling terhubung. Kamu hanya dapat menonaktifkan akun, yang berarti semua data akan disembunyikan dari pengguna jejaring sosial lainnya. Ini hampir sama dengan menghapusnya. Untuk melakukannya, kamu perlu membuka Pengaturan -> Akun -> Nonaktifkan profil dan tekan Nonaktifkan profil Thread.

Untuk privasi, batasi pengguna yang dapat menghubungi kamu dengan cara: membungkam, membatasi, atau memblokir mereka.
  • Kalau kamu tidak ingin melihat kiriman seseorang, kamu dapat membungkam pengguna tersebut. Ini akan menyembunyikan kiriman mereka dari feed tanpa memberi tahu mereka.
  • Jika ingin mengurangi interaksi dengan seseorang tanpa memblokir atau berhenti mengikuti mereka, kamu dapat membatasi pengguna tersebut. Ini akan membuat komentar dan pesan mereka hanya terlihat oleh mereka sendiri, kecuali jika kamu menyetujuinya.
  • Jika ingin mencegah seseorang menghubungi atau melihat profil kamu sama sekali, kamu bisa memblokir pengguna tersebut. Ini akan membuat mereka tidak dapat mencari, melihat, atau mengomentari kiriman kamu.
Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan privasi akun Threads kamu.
  • Kamu bisa mengawasi dan mengatur siapa yang dapat menyebut (mention) di postingan dengan simbol ‘@’.
  • Threads berusaha melawan bahasa yang menyinggung, sehingga kamu bsia memfilternya dalam tanggapan terhadap postingan. Platform ini menawarkan beberapa alat, seperti pemfilteran otomatis dengan daftar bawaan atau menambahkan frasa dan kata tertentu secara manual.

Munculnya jejaring sosial baru dengan cepat menciptakan keinginan untuk mengeksplorasi sesuatu yang baru. Termasuk berbagi teks, gambar, dan video, sambil berinteraksi dengan miliaran orang lainnya. Pada saat yang sama, sebelum mendaftar, setiap orang yang menggunakan Threads perlu meluangkan beberapa menit untuk mempelajari apa saja yang disediakan oleh interaksi sosial ini.

Kamu disarankan terlebih dahulu memperhatikan kemampuan untuk menghapus akun (yang mengejutkan, tidak semua jejaring sosial memudahkan untuk melakukan hal ini) dan tingkat perlindungan akun (2FA, pengaturan privasi). Biasakan diri dengan Kebijakan Privasi jejaring sosial untuk memahami apa yang terjadi pada semua postingan dan foto setelah dipublikasikan, Dan bagaimana kemudahan menghapusnya.

“Perlu diingat bahwa kebocoran data, peretasan akun, pengumpulan pemasaran, dan analisis data pengguna, yang tidak selalu berbahaya, adalah hal biasa saat ini. Untuk meminimalkan risiko menjadi korban peretasan dan tidak meningkatkan jejak digital kamu yang sudah berskala besar, kamu perlu mempelajari persyaratan layanan baru sebelum mendaftar,” jelas Anna Larkina, pakar analis konten web di Kaspersky.

Demikian tips menggunakan threads yang aman. Pastikan data kalian selalu dijaga agar tidak bocor ke pihak yang tidak bertanggung jawab.

Komentar kamu