Rekomendasi laptop terbaik

7 Rekomendasi Laptop Terbaik Tahun Ini

Jakarta, PCplus – Tahun ini, industri laptop menyajikan sejumlah pilihan terbaik untuk pengguna dari berbagai kalangan. Dari para pekerja profesional yang memerlukan laptop bisnis yang kuat hingga para gamer yang mencari perangkat untuk menghadirkan dunia virtual yang mendalam, pasar laptop telah menampilkan berbagai inovasi menarik.

Baca Juga: 8 Laptop Pelajar Terbaik 2023

Pada artikel berikut, kita akan memilihkan beberapa opsi laptop terbaik yang telah mencuri perhatian kita pada tahun yang berjalan. Tidak semuanya model teranyar, namun semuanya beredar resmi dan tersedia di pasaran Indonesia. Masing-masing laptop kami rangkum spesifikasi unggulan dan fitur-fitur canggih yang mereka tawarkan. Apa saja?

Rekomendasi Laptop Terbaik Tahun Ini

1. Asus ZenBook S 13 OLED UM5302

Laptop yang satu ini merupakan salah satu laptop tertipis yang pernah dirilis Asus. Meski tipis, ia menawarkan performa yang sangat baik untuk tugas sehari-hari dan produktivitas. Sebagai gambaran, ia menggunakan prosesor AMD Ryzen 7-6800U yang dikombinasikan dengan grafis AMD Radeon yang mumpuni untuk kebutuhan multimedia sampai gaming ringan.

Dari sisi display, laptop berukuran layar 13,3 inci ini punya panel ASUS OLED dengan resolusi 2.8K. Tingkat kecerahan maksimalnya di 550 nits dengan kualitas warna 100% DCI-P3, PANTONE Validated dan mendukung sentuhan 10 jari serta stylus support. Anda yang berminat, laptop ini dipasarkan di harga Rp17.999.000. Sangat menarik untuk kenyamanan yang ditawarkan.

2. Lenovo ThinkPad X1 Carbon

Berikutnya, sebagai salah satu laptop terbaik dari Lenovo, ThinkPad X1 Carbon Gen 11 ini sudah menggunakan prosesor terbaru Intel yakni Core i7-1365U dengan grafis Intel Iris Xe Graphics. Ia ditemani RAM LPDDR5-6400 yang sudah terintegrasi dengan motherboard dan dilengkapi storage besar dan cepat yakni SSD M.2 PCIe 4.0 sebesar 1TB.

Layarnya 14 inci yang digunakan memang masih IPS, tetapi layar tersebut merupakan panel jenis low power dengan resolusi Full HD+ dan tingkat kecerahan maksimalnya di 400 nits dan punya ketajaman warna 100% sRGB. Tentunya ia juga punya desain dengan bahan berkualitas tinggi, keyboard ThinkPad yang terkenal dengan TrackPoint serta keamanan tingkat tinggi. Tertarik? Di e-commerce, harga Lenovo ThinkPad X1 Carbon ini dipasarkan di kisaran Rp33.650.000.

3. Asus ROG Zephyrus G14

Laptop ini merupakan laptop terbaik yang ringkas untuk gaming. Kenapa? Dimensinya sangat kompak yakni hanya 13,3 inci dan memiliki ketebalan 1,58cm saja. Artinya, dari sisi fisik, ia sudah menyerupai laptop ultrabook yang sangat ringkas. Ia juga memiliki engsel lipat sehingga laptop gaming tersebut bisa berfungsi menjadi tablet layar sentuh dan mendukung stylus.

Meskipun ringkas, Anda tidak perlu khawatir soal performanya. Prosesor bertenaga yakni AMD Ryzen 9 6900HS, RAM dual channel LPDDR5 16GB serta grafis Nvidia GeForce RTX 3050 4GB GDDR6 sudah tersedia di dalamnya. Ia juga ditemani oleh storage besar dan cepat berbasis NVMe PCIe 4.0 berkapasitas 1TB. Harganya? Rp17.999.000 saja untuk 1TB. Kalau ingin yang versi storage 512GB, harganya Rp16.499.000.

4. HP Spectre x360 14

Laptop terbaik dari HP yang satu ini merupakan laptop convertible, alias laptop yang bisa dilipat menjadi tablet layar sentuh. Ukurannya yang ringkas dengan bobot yang ringan yakni hanya 1,36Kg membuat laptop-tablet yang satu ini mudah dibawa ke mana-mana. Baterainya juga berukuran lumayan besar yakni 66WHrs dan bisa diisi ulang dengan charger USB Type-C.

Untuk menopang performa, laptop-tablet ini menggunakan prosesor Intel Core i7-1255U yang menawarkan performa baik dan hemat energi dibanding laptop terbaik terdahulu mereka. Untuk memori utama, RAM-nya memang biasa saja, yakni 16GB LPDDR4-4266MHz onboard. Namun untuk storage, kapasitasnya luar biasa yakni 2TB. Faktor istimewa lainnya, laptop ini juga sudah menggunakan layar OLED resolusi 3K. Harganya juga sangat menarik, di Rp23.549.000.

5. Acer Swift 3 OLED

Laptop tipis terbaik dari Acer ini merupakan laptop dengan prosesor kelas perfroma. Ya, Acer Swift 3 OLED sudah menggunakan prosesor Intel Core i7-12700H (Intel Evo Certified). Prosesor ini ditemani oleh Intel Iris Xe Graphics dengan dual channel memory LPDDR5 sebesar 16GB dan storage lega berkapasitas 1TB jenis SSD PCIe NVMe Gen4.

Sesuai namanya, ia juga sudah menggunakan panel layar OLED resolusi tinggi yakni 2.8K dengan refresh rate 90Hz serta response time 0,2 milidetik. Panel tersebut dilengkapi fitur OLED-Eyesafe serta sertifikasi TUV Rheinland. Contohnya, untuk pengalaman hiburan sinematik yang aman untuk mata. Harganya? Hanya Rp14.329.000 saja.

6. MSI Stealth 17 Studio

Produsen yang satu ini dikenal sebagai produsen yang identik dengan laptop gaming. Salah satu andalan terbarunya alias laptop terbaik MSI yang beredar di pasaran Indonesia adalah MSI Stealth 17 Studio. Laptop gaming yang satu ini bukan kaleng-kaleng. Prosesornya Intel Core i9-13900H dengan grafis monster, Nvidia RTX4090 16GB.

Layar laptop ini juga besar, berukuran 17,3 inci dengan resolusi Ultra HD 4K 3840×2160 pixel. Layar berbasis teknologi IPS-Level Mini LED tersebut memiliki refresh rate 144Hz untuk menghadirkan pengalaman gaming yang memuaskan. Jangan khawatir cepat kehabisan storage saat menginstalasikan banyak game-game AAA. Pasalnya, laptop ini punya storage raksasa, berkapasitas 2TB NVMe SSD PCIe Gen4. Harganya? Rp60.499.000. Harga yang pantas untuk apa yang ditawarkan.

7. Advan Soulmate

Tidak lengkap rasanya kalau kita tidak membahas laptop terbaik yang paling terjangkau. Ya, untuk urusan yang satu ini, produsen yang jadi juara adalah produsen terkemuka dalam negeri yakni Advan dengan seri laptop Soulmate mereka.

Ya, dengan harga Rp2.249.000 saja, Advan menawarkan sebuah laptop baru dengan prosesor Intel N4020 dengan RAM 4GB DDR4 serta storage 128GB yang bisa di-upgrade. Laptop 14 inci yang menggunakan resolusi HD ini memiliki kelebihan utama pada kamera web resolusi 2MP yang sangat optimal untuk melakukan video converence dan pembelajaran jarak jauh. Cocok untuk target market mereka yakni pelajar sekolah.

Nah, dari 7 pilihan rekomendasi laptop terbaik tahun ini yang kami rangkum di atas, mana yang menurut Anda terbaik? Atau Anda punya preferensi lain untuk laptop terbaik tahun ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *