Friday, March 1, 2024
Berita Teknologi

Ujicoba Laptop ROG sebagai AI Generator

Jakarta, PCplus – Hari ini (25/10) ASUS Indonesia mengundang beberapa media. ASUS melakukan demonstrasi penggunaan laptop ROG untuk dijadikan AI generator. Seperti yang telah diketahui bahwa laptop ASUS ROG selalu menghadirkan inovasi dan teknologi terkini dalam setiap lini produknya. Melihat perkembangan teknologi AI yang semakin marak belakangan ini, ASUS Indonesia pun berinisiatif mendemonstrasikan kemampuan laptop ROG yang difungsikan sebagai AI generator.

Baca Juga: Review Asus ROG Strix GT15, PC Gaming Intel Core 12th Gen

Ada dua laptop ASUS ROG yang digunakan untuk mendemonstrasikan teknologi AI Generator. ROG Flow X16 (GV601) dan ROG Zephyrus Duo 16 (GX650). Adapun aplikasi yang digunakan adalah Stable Diffusion, aplikasi AI Gaming Pokemon, serta Nvidia Canvas. Menarik ketika kita memberikan masukan/input/prompt pada aplikasi Stable Diffusion yang dijalankan pada laptop ROG Flow X16 (GV601). Di mana AI mampu menterjemahkan masukan yang diterima menjadi sebuah gambar/image yang menakjubkan.

ROG Flow X16, laptop yang dipakai ASUS untuk AI generator
ROG Flow X16, laptop yang dipakai ASUS untuk AI generator (PCplus/Maseko)

Bahkan, pada laptop ROG Zephyrus Duo 16, AI memainkan game Pokemon secara otomatis. Tanpa perlu dikendalikan oleh manusia/pengguna, meskipun kendali masih bisa dioverride.

Dibekali spesifikasi tinggi untuk dukung AI

Bukan tanpa alasan, laptop gaming ROG mampu menjadi sebuah mesin AI Generator yang kuat. Setiap laptop gaming ROG dibekali dengan teknologi perangkat keras generasi terbaru. Mulai dari pilihan CPU hingga 13th Gen Intel® Core™ dan AMD Ryzen™ 7000 Series, GPU NVIDIA GeForce RTX™ 40 Series. Laptop ROG telah siap digunakan untuk membantu peneliti dan pengguna AI untuk menjalankan, mengolah, dan melatih sistem kecerdasan buatannya secara lokal. Perlu diketahui, proses generate AI ini sangat menguras performa GPU.

Untuk mendapatkan performa yang stabil saat bereksperimen dengan teknologi AI, diperlukan sistem pendinginan yang canggih. Laptop ROG memiliki teknologi sistem pendingin ROG Intelligent Cooling yang komprehensif. Mulai dari penggunaan liquid metal, heatpipe tembaga atau vapor chamber, dust filter dan anti-dust tunnel. Bahkan untuk seri Zephyrus Duo, sudah menggunakan teknologi AAS Plus 2.0 yang meningkatkan ruang udara sebesar 30%.

Beberapa teknologi di laptop ROG (PCplus/Maseko)

Kehadiran teknologi MUX Switch pada laptop ROG mampu memaksimalkan proses eksperimen AI dengan memanfaatkan secara penuh GPU diskrit yang ada pada laptop ROG, dalam hal ini Nvidia RTX 30 atau RTX 40 series. Pengaturan manual juga bisa dilakukan melalui aplikasi Armoury Crate. Yang memudahkan pengguna untuk melakukan kustomisasi konfigurasi dan setting pada laptop ROG yang digunakannya.

Komentar kamu