Tuesday, March 5, 2024
Berita Teknologi

Kingston Jadi Raja SSD Keenam Kalinya

Jakarta, PCplusTrendForce kembali menobatkan Kingston sebagai raja pemasok SSD pihak ketiga teratas pada tahun 2022. Ini menjadikan Kingston memimpin pengiriman SSD untuk keenam kalinya berturut-turut. Berdasarkan data milik TrendForce, Kingston menyumbang sebanyak 28% dari total 114 juta unit yang dikirimkan pada tahun 2022.

Baca Juga: Kingston Jadi Raja Pemasok DRAM di 2022

Pulih setelah IC langka

Pasar SSD global memperbaiki dinamika pasokan dan permintaannya pada tahun 2022. Ini setelah kelangkaan IC (integrated circuit) tyang menghambat pasar pada tahun 2021 teratasi. Namun, pengiriman SSD global mengalami penurunan menjadi 114 juta unit pada tahun 2022, atau 10,7% dari tahun sebelumnya. Meskipun demikian, Kingston tetap menjadi pemimpin pengiriman SSD teratas pada tahun 2022 dengan menjaga keunggulan serta adanya kenaikan pangsa pasar dibandingkan tahun 2021.

Permintaan untuk PCIe 4.0 NVMe SSD terus menentukan lanskap pasar. Hal ini mendorong produsen modul untuk beralih secara stabil dari SATA ke NVMe. Dengan ekonomi global yang masih mengalami kesulitan pada tahun 2023, produsen modul secara strategis mengelola beban inventaris yang mahal. Sekaligus menyesuaikan diri terhadap persaingan harga dalam strategi pengiriman mereka.

Sentimen pasar mengalami perubahan cepat pada kuartal ketiga, terutama didorong oleh pemangkasan produksi secara signifikan dari pemasok NAND Flash. Perubahan ini memberikan keuntungan bagi produsen modul dengan inventaris biaya lebih rendah.

Selain memperluas portofolio produknya untuk selaras dengan kebutuhan pelanggan, Kingston menawarkan dukungan penjualan berkualitas dan akses ke para ahli produk dan insinyur internal. Hal ini telah menghasilkan lebih dari tiga dekade kesuksesan serta dukungan maksimal bagi pelanggan. Posisi Kingston sebagai raja di pasar SSD secara enam kali berturut – turut bukan hal baru, mengingat pendekatan yang sama di divisi DRAM telah membawa perusahaan menjadi pemasok modul memori pihak ketiga terbesar selama 20 tahun berturut-turut.

Komentar kamu