Friday, March 1, 2024
Smartphone

Intip Deretan iPhone yang Masih Worth It Dibeli di Tahun 2024!

Jakarta, PCplus – Smartphone kini sudah menjadi barang yang penting untuk hampir semua orang. Fungsinya tidak lagi hanya untuk menelpon atau mengirim pesan, namun juga bisa untuk mengambil foto, bermain game, hingga untuk bekerja. Salah satunya adalah iPhone yang ternyata masih worth dibeli di 2024.

Baca Juga: Apple Luncurkan iPhone X dengan Layar AMOLED dan Bezel Tipis

Beberapa model iPhone dari tahun sebelumnya masih worth it untuk dibeli dan digunakan di tahun 2024. Walaupun generasi iPhone terbaru sudah dirilis dan memiliki fitur yang modern, namun iPhone seperti iPhone SE hingga iPhone XE masih menjadi opsi yang menarik.

Iini dia deretan iPhone yang masih worth it dibeli untuk tahun 2024.

iPhone 11
harga iphone 11 2024

iPhone 11 pertama kali dirilis pada tahun 2019, dan masih banyak diminati hingga saat ini. Harga iPhone 11 second pun termasuk terjangkau. iPhone 11 menggunakan chip A13 Bionic yang masih mumpuni walaupun sudah dirilis 4 tahun silam. Layarnya adalah Liquid Retina IPS LCD, menghasilkan warna yang tajam dan cerah dengan ukuran 6.1 inci. Layar tersebut memiliki resolusi 828 x 1792 piksel dengan rasio aspek 19.5:9, memberikan kepadatan piksel sekitar 326 ppi. Perlindungan layar dari goresan dijamin oleh lapisan kaca yang tahan gores dan lapisan anti-minyak.

Dalam hal fotografi, iPhone 11 memiliki sistem kamera ganda di bagian belakang. Kedua kamera tersebut adalah 12 MP. Dengan satu lensa wide dan satu lensa ultra-wide, mendukung mode malam, dan memiliki kemampuan untuk merekam video 4K. Kamera depannya juga 12 MP. Mampu menghasilkan selfie yang jernih dan mendukung fitur Face ID untuk keamanan biometrik. iPhone 11 bisa dibeli secara baru, atau jika ingin lebih terjangkau, bisa mencari unit iPhone 11 second seperti di OLX.

iPhone SE 2020

Jika lebih suka iPhone dengan model yang mirip dengan iPhone 8, namun punya performa tinggi, maka bisa pilih iPhone SE 2020. IPhone SE 2020 merupakan iPhone yang pertama kali dijual pada tahun 2020. Secara desain, iPhone SE 2020 mengingatkan kita pada iPhone 8.

Ponsel ini menampilkan bodi yang ringkas dan mudah dipegang, menjadikannya pilihan yang nyaman bagi mereka yang lebih menyukai ponsel berukuran lebih kecil. Layarnya panel Retina HD 4.7 inci dengan resolusi 1334 x 750 piksel, yang menawarkan tampilan yang tajam dan jernih. Di dalam, iPhone SE 2020 ditenagai oleh chipset yang sama dengan iPhone 11, yaitu Apple A13 Bionic.

iPhone SE 2020 dilengkapi dengan kamera belakang tunggal 12 MP. Ia mampu mengambil gambar yang tajam dan detail dengan fitur seperti Smart HDR. Kamera ini juga mendukung perekaman video 4K dan memiliki fitur stabilisasi optik. Di bagian depan, terdapat kamera 7 MP yang mendukung mode Potret dan dapat merekam video 1080p.

iPhone Xr

Walaupun sudah diluncurkan sejak tahun 2018, namun iPhone Xr masih menjadi incaran banyak orang di tahun 2024, terutama yang suka dengan kamera ponsel ini. iPhone Xr dirilis sebagai ponsel dengan harga yang lebih terjangkau saat itu. Tidak heran jika iPhone Xr menjadi incaran di platform seperti OLX.

Dari segi desain, iPhone XR mengadopsi bahasa desain yang serupa dengan iPhone X, termasuk layar notch yang menampung Face ID dan kamera depan. Ukuran layarnya adalah 6.1 inci, yang cukup besar dan menggunakan panel Liquid Retina. Phone XR ditenagai oleh chipset A12 Bionic, yang sama dengan yang digunakan di iPhone XS dan XS Max. Chipset ini menawarkan performa yang sangat baik.

iPhone XR memiliki satu kamera belakang 12 MP yang mendukung OIS (Optical Image Stabilization) dan dapat merekam video hingga 4K. Meskipun hanya memiliki satu kamera, iPhone XR tetap bisa mengambil foto dengan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi.

iPhone Xs Max

Sama seperti iPhone Xr, iPhone Xs mengadopsi desain yang mirip dengan iPhone X. iPhone Xs diluncurkan oleh Apple pada September 2018. Ukurannya lebih besar, yaitu 6.5 inch dengan layar OLED Super Retina. Dari segi performa, iPhone XS Max didukung oleh chipset Apple A12 Bionic.

Dengan CPU hexa-core dan GPU Apple-designed, ponsel ini mampu menjalankan aplikasi dan game berat dengan lancar. iPhone XS Max dilengkapi dengan sistem kamera ganda 12 MP di bagian belakang, dengan satu lensa wide-angle dan satu lensa telefoto, kamera ini mampu mengambil foto yang tajam dengan detail yang tajam.

iPhone 12

Pertama kali diperkenalkan pada tahun 2020, iPhone 12 masih layak digunakan hingga beberapa tahun ke depan. iPhone 12 sudah bisa menggunakan sinyal 5G untuk internet yang lebih cepat. Dari desain, memang iPhone 12 tidak begitu berbeda dengan iPhone 11.

Namun, layar iPhone 12 adalah salah satu aspek terpenting dari perangkat ini. Menggunakan panel Super Retina XDR OLED, layar ini memiliki ukuran 6,1 inci dan menawarkan resolusi 2532 x 1170 piksel. Dari segi performa, iPhone 12 didukung oleh chipset A14 Bionic dan kamera ganda di bagian belakang. Kamera ini terdiri dari lensa utama 12 MP dan lensa ultra lebar 12 MP. Di bagian depan, terdapat kamera TrueDepth 12 MP yang mendukung fitur Face ID dan pengambilan video 4K.

Kelima model iPhone ini memberikan fitur yang masih relevan dan bisa bekerja dengan baik di tahun 2024, dan tentunya punya harga yang lebih terjangkau untuk Anda yang ingin mengganti ponsel.

Priyo Harjiyono

Blogger Jogja yang suka melanglang buana di dunia maya. Temukan cerita menariknya di anotherorion.com

Komentar kamu