Wednesday, April 17, 2024
Berita Teknologi

Android 15 Developer Preview Dirilis, Apa Saja yang Baru?

Jakarta, PCplus – Android 15 Developer Preview sudah dirilis untuk Pixel 6, 7, dan 8, Pixel Fold, dan Pixel Tablet. Ini adalah awal dari proses beta yang akan berlangsung selama sekitar 8 bulan sebelum versi OS utama yang baru diluncurkan. Rilis ini juga menandakan berakhirnya dukungan OS utama untuk Pixel 5 dan 5a.

Baca Juga: 6 Langkah Setting DNS Google di Android: Solusi Stabil dan Cepat

Fitur baru Android 15

Lantas, apa saja fitur-fitur baru yang ditawarkan oleh Android 15? Berikut adalah beberapa fitur yang PCplus rangkum dari Blog Android Developer.

  • Partial screen sharing. Fitur ini memungkinkan kamu untuk berbagi atau merekam bagian tertentu dari layar, bukan seluruhnya. Fitur ini berguna untuk menghindari notifikasi yang mengganggu saat sedang berbagi layar. Fitur ini juga cocok untuk tablet yang memiliki layar lebih besar.
  • API fs-verity. Fitur ini memanfaatkan kemampuan kernel Linux untuk menyimpan berkas yang hanya bisa dibaca dan ditandatangani secara kriptografis. Fitur ini meningkatkan keamanan aplikasi dari ancaman malware atau perubahan berkas yang tidak diinginkan.
  • Kontrol kamera dan kinerja yang lebih baik. Android 15 memberikan kontrol yang lebih baik untuk aplikasi kamera, seperti zoom, fokus, dan eksposur. Android 15 juga memberikan kontrol kinerja yang lebih dinamis, yang bisa mendeteksi suhu ponsel kamu dan menyesuaikan aplikasi sesuai dengan kondisi tersebut.

Ini adalah rilis pertama dari enam rilis pengembang yang direncanakan. Beta pertama akan dirilis pada bulan April, dan platform stability, yang menandai finalisasi API, akan dirilis pada bulan Juni. Rilis akhir akan dilakukan setelah bulan Juli, tergantung pada perkembangan yang terjadi.

Perlu diingat, rilis Developer Preview ini hanya berisi fitur-fitur tingkat rendah untuk pengembang aplikasi. Fitur-fitur yang ditujukan untuk pengguna akan datang di rilis-rilis selanjutnya. Harapannya, Android 15 akan membawa perbaikan yang lebih signifikan daripada Android 14, yang merupakan salah satu rilis terkecil dalam sejarah.

Komentar kamu