Wednesday, April 17, 2024
LaptopReview Hardware

Review ASUS Zenbook DUO UX8406, Laptop Dua Layar Inovatif

Jakarta, PCplus – ASUS baru-baru ini menghadirkan inovasi laptop terbarunya dalam wujud Zenbook DUO (UX8406) di Indonesia. Zenbook DUO (UX8406) adalah laptop dua layar OLED terkemuka di dunia yang dirancang khusus untuk meningkatkan produktivitas melalui teknologi dual-screen dan kecerdasan buatan.

Baca Juga: ASUS ZenBook Flip 14 Laptop 2in1 Terbaru

Yang menarik, laptop ini adalah inovasi yang menetapkan standar baru bagi laptop layar ganda, mengubah cara pengguna berinteraksi dengan perangkatnya.

Desain inovatif adalah kunci kesuksesan Zenbook DUO (UX8406) sebagai laptop layar ganda terbaik di dunia. Dengan dua layar OLED 14 inci, keyboard yang dapat dilepas, dan penyangga yang terintegrasi, laptop ini menyajikan solusi yang kompak. Ia juga fokus pada pengguna, serta mudah dibawa saat bepergian. Sebagai laptop Intel® Evo™ Edition, Zenbook DUO (UX8406) menggabungkan kemampuan multitasking dengan mobilitas yang superior dalam desain yang ringan dan tipis.

Latar Belakang Desain Laptop Dua Layar

Sebenarnya, perjalanan Zenbook DUO (UX8406) dimulai ketika tim desain ASUS memperhatikan cara pengguna bekerja dengan laptop mereka. Seringkali, mereka menggunakan monitor tambahan untuk memperluas ruang kerja.

Namun, ketika laptop harus digunakan di luar kantor, mereka terbatas pada satu layar. Sebagai solusinya, ASUS memperkenalkan laptop prototipe dengan dua layar pada tahun 2018 yang disebut Project Precog.

Project Precog adalah konsep awal dari Zenbook DUO (UX8406) yang diperkenalkan pada Computex 2018. Meskipun konsepnya menarik, pada saat itu ekosistem perangkat keras, perangkat lunak, dan sistem operasi belum mendukung sepenuhnya penggunaan layar ganda di laptop.

ASUS kemudian mengembangkan sistem dua layar di seri laptop seperti ZenBook Pro 15 (UX580) dengan ScreenPad™, dan ZenBook Duo (UX481). Ada juga ZenBook Pro Duo (UX581) dengan layar tambahan ScreenPad™ Plus.

Moda baca di laptop dua layar ASUS Zenbook DUO

Laptop Dua Layar 14 Inci OLED Resolusi 3K

Nah, tahun 2024 ini, sesuai namanya, ASUS Zenbook DUO (UX8406) hadir sebagai laptop inovatif yang dilengkapi dengan dua layar OLED berukuran 14 inci. Ia hadir dengan resolusi 3K dan refresh rate 120Hz, serta teknologi ASUS Lumina OLED.

Saat dibuka, luas layarnya setara dengan 19,8 inci. Ini memberikan pengguna ruang kerja yang lebih besar daripada laptop konvensional, yang secara signifikan meningkatkan produktivitas hingga dua kali lipat.

Tidak hanya memiliki dua layar, Zenbook DUO (UX8406) juga dirancang dengan fleksibilitas, kemudahan penggunaan, dan kenyamanan yang tinggi. Mulai dari port dan konektivitas yang lengkap, lima mode penggunaan yang fleksibel, hingga desain yang tipis dan ringan. Semuanya menjadikan Zenbook DUO (UX8406) sebagai laptop layar ganda paling praktis dan unggul di dunia.

Kedua layar Zenbook DUO (UX8406) menggunakan teknologi ASUS Lumina OLED. Teknologi ini telah disertifikasi oleh Dolby Vision® dan Pantone® Validated. Layar memiliki color gamut 100% DCI-P3 untuk reproduksi warna yang akurat dan terbaik. Layar ini juga mendukung sertifikasi VESA DisplayHDR™ True Black 500 dan teknologi touchscreen., memungkinkan penggunaan stylus ASUS Pen 2.0 untuk input yang presisi.

Desain keyboard yang dapat dilepas pada Zenbook DUO (UX8406) memudahkan mobilitas. Keyboard ini dapat mengisi daya secara otomatis saat terpasang pada laptop dalam mode Laptop. Ia juga bisa beralih secara otomatis ke koneksi Bluetooth saat dilepas dari laptop.

Keyboard dan touchpad virtual di laptop dua layar ASUS Zenbook DUO

Fleksibel, mudah, dan nyaman digunakan, Zenbook DUO (UX8406) menempatkan fokus pada pengalaman pengguna. Dengan desain yang berbeda dari laptop lainnya, laptop ini dilengkapi dengan keyboard Bluetooth ASUS ErgoSense dengan touchpad terintegrasi. Ada juga engsel layar yang dapat dibuka hingga 180°, dan penyangga terintegrasi untuk lima mode penggunaan yang fleksibel. Fitur ScreenXpert yang telah ditingkatkan memberikan pengalaman pengguna yang intuitif di semua mode penggunaan.

Performa Tinggi dan Mendukung AI

Produktivitas pengguna Zenbook DUO (UX8406) ditingkatkan melalui kecerdasan buatan. Laptop ini didukung oleh NPU (Neural Processing Unit) yang terintegrasi dengan prosesor Intel® Core™ Ultra 7. Keberadaannya memberikan kinerja yang responsif, hemat daya, dan cerdas dalam mengolah aplikasi berbasis kecerdasan buatan.

Selain itu, prosesor Intel® Core™ Ultra 7 juga dilengkapi dengan chip grafis Intel® Arc™. Kehadiranya meningkatkan performa grafis hingga dua kali lipat dibandingkan dengan chip grafis terintegrasi sebelumnya. Chip grafis Intel® Arc™ mendukung berbagai teknologi grafis modern seperti real-time ray tracing, Xᵉ Super Sampling, dan DX 12 Ultimate, yang penting bagi para kreator konten.

Berikut ini hasil benchmark yang didapat ASUS Zenbook DUO (UX8406):

Geekbench 6
Single Core
Multicore          
 
2.285
10.222
3Dmark Night Raid25.623
PCMark10
Score
Battery

6.287
8 hours 12 minutes

Kesimpulan

Sebagai teknologi inovatif, ASUS Zenbook DUO (UX8406) merupakan sebuah adalah laptop dua layar paripurna, dibandingkan dengan seri Zenbook Duo sebelumnya. Desain laptop ini memungkinkan penggunaan yang fleksibel antara mode laptop dan mode dua layar. Terntunya dengan keyboard yang dapat dipisahkan dan dipasangkan kembali.

Dari sisi perangkat, belum terlihat kekurangan yang ada pada produk ini, selain harganya yang relatif tinggi serta ketersediaannya yang terbatas, bahkan saat ia baru diluncurkan ke pasaran. Satu yang pasti, tidak semua pengguna butuh laptop dua layar. Tapi kalau kamu termasuk yang butuh bekerja dengan komputer serta dua buah layar, ASUS Zenbook DUO (UX8406) ini adalah pilihan tepat.

Komentar kamu