Wednesday, April 17, 2024
Berita Teknologi

Waspada Ancaman Siber Terhadap Perempuan

Jakarta, PCplus – Menjelang Hari Perempuan Internasional, penelitian terbaru dari para ahli Kaspersky mengungkapkan adanya ancaman siber terhadap perempuan. Lusinan situs web dan halaman phishing yang terinfeksi malware telah ditemukan, termasuk dalam komunitas perempuan, forum, toko online pakaian dan kosmetik.

Baca Juga: Bahaya Robot Pintar Anak, Bisa Disusupi Hacker!

Malware Web Skimmer: Ancaman Keuangan bagi Perempuan

Situs-situs yang diretas ini menyebarkan web skimmer yang mencuri data pembayaran, menimbulkan risiko finansial. Balada injector, malware lainnya, mengarahkan pengguna ke captcha palsu dan membanjiri browser dengan notifikasi penipuan.

Adalah malware SocGholish memancing pengguna untuk mengunduh skrip berbahaya, yang dapat mengakibatkan serangan siber atau pencurian data. Halaman phishing yang menyamar sebagai buku tentang kehamilan dan nutrisi juga menipu korban untuk memberikan informasi pribadi dan perbankan.

Victoria Vlasova dari Kaspersky menekankan pentingnya kesadaran dan keamanan digital bagi perempuan. Di Hari Perempuan Internasional, kita diingatkan untuk saling mendukung dan mengutamakan keselamatan digital.

“Target penjahat siber tidak mengenal batas, dan siapa pun bisa menjadi korban skema mereka. Situs web, terlepas dari audiensnya, rentan terhadap serangan massal dan yang paling mengkhawatirkan adalah platform yang memiliki reputasi baik pun kini dapat disusupi. Saat kita merayakan Hari Perempuan Internasional, kita perlu menyadari pentingnya menjaga eksistensi online kita. Penting bagi perempuan, yang sering menghadapi risiko tinggi saat online, untuk berhati-hati saat memasang perangkat lunak atau membagikan informasi pribadi. Ini adalah pengingat untuk memprioritaskan keselamatan digital kita dan memberdayakan satu sama lain dengan menggunakan langkah-langkah keamanan siber yang andal,” jelas Victoria.

Proyek “Letters to the Past” dari Kaspersky menyoroti pentingnya dukungan antar perempuan di bidang TI. Kisah inspiratif di situs Women in Tech menunjukkan bahwa tidak ada “ancaman untuk perempuan” yang tidak dapat diatasi.

Rekomendasi Kaspersky

Untuk menghindari menjadi korban dan ancaman penjahat siber, para ahli Kaspersky merekomendasikan terhadap pengguna perempuan untuk:

  • Berhati-hatilah saat membagikan informasi pribadi: Berhati-hatilah saat memberikan informasi pribadi secara online, terutama detail sensitif seperti alamat, nomor telepon, atau informasi keuangan kamu. Hanya bagikan informasi semacam ini pada platform tepercaya dan aman.
  • Mengandalkan sumber terpercaya: Andalkan situs web resmi, pengecer resmi, dan sumber terpercaya. Hindari sumber tidak resmi atau mencurigakan yang mungkin mencoba mengeksploitasi antusiasme kamu.
  • Gunakan solusi keamanan: Gunakan solusi keamanan yang andal, seperti Kaspersky Premium, yang mengidentifikasi lampiran berbahaya dan memblokir situs phishing.

Komentar kamu