Tuesday, July 16, 2024
Berita Teknologi

Waspada, Penipuan EURO 2024 Merajalela

Jakarta, PCplus – Saat Kejuaraan Eropa dimulai, jutaan orang memadati layar televisi dan stadion sepak bola. Sayangnya, penjahat dunia maya juga memanfaatkan pertandingan EURO 2024 ini untuk melakukan penipuan. Para ahli dari Kaspersky menemukan berbagai skema penipuan yang dirancang untuk mencuri data dan uang pengguna, dengan topik UEFA 2024 sebagai umpan.

Baca Juga: Penipuan Di Balik Peluncuran iPhone 15

  1. Tiket Palsu Penipuan tiket selalu menjadi ancaman umum menjelang acara besar. Kali ini, penipu menyamar sebagai perusahaan energi populer Jerman dan menawarkan tiket gratis untuk EURO 2024. Pengguna yang tertarik diminta mengisi formulir dengan nama, nomor telepon, dan alamat mereka. Kampanye ini sangat berbahaya karena menargetkan karyawan dan mitra perusahaan korban.
  2. Penipuan Kripto Penipu memanfaatkan popularitas EURO 2024 dengan menjual koin khusus yang menampilkan nama pemain terkenal, seperti “Harry Kane Coin.” Koin ini dipromosikan melalui email dan media sosial. Para trader yang terburu-buru membeli koin ini, sehingga harganya naik. Namun, para penipu kemudian menjual kepemilikan mereka, menyebabkan nilai koin anjlok.
  3. Streaming Palsu Pengguna online harus waspada terhadap platform streaming palsu yang menawarkan liputan eksklusif acara EURO 2024 dengan harga murah. Selain membocorkan data pribadi, situs-situs ini mungkin memiliki kerentanan yang memungkinkan penyerang mengontrol browser pengguna.
  4. Toko Merchandise Palsu Para ahli juga menemukan toko online palsu yang menjual perlengkapan fandom, seperti seragam, syal, dan topi dengan diskon 40%. Sayangnya, pembeli tidak pernah menerima barang yang dipesan.

Tips pengamanan diri

Nah, supaya kamu terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan terkait kejahatan seperti ini, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

  1. Verifikasi Keaslian: Hanya beli tiket, merchandise, atau layanan dari sumber resmi dan terpercaya. Pastikan untuk memeriksa situs web resmi acara guna mengetahui penjual yang sah.
  2. Bersikap Skeptis terhadap Penawaran: Jika suatu penawaran terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, mungkin itu penipuan. Berhati-hatilah terutama terhadap diskon besar dan penawaran eksklusif, terutama jika berasal dari sumber yang tidak dikenal.
  3. Amankan Data Pribadi Anda: Hindari membagikan informasi pribadi dan keuangan di situs web yang tidak dikenal. Pastikan situs web aman dengan memeriksa apakah URL menggunakan “https” dan memiliki simbol gembok di bilah browser.
  4. Gunakan Perangkat Lunak Keamanan: Selalu perbarui perangkat lunak antivirus dan keamanan Anda untuk melindungi dari serangan malware dan phishing. Kaspersky Premium adalah pilihan yang baik untuk melawan berbagai jenis penipuan dan phishing.
  5. Edukasi Diri Sendiri: Tetap terinformasi tentang taktik penipuan yang umum dan cara mengenali mereka. Ikuti pembaruan dari pakar keamanan siber dan sumber resmi.

Ingatlah bahwa penipu terus beradaptasi dan mencari cara baru untuk mendapatkan keuntungan. Oleh karena itu, selalu berhati-hati dan kunjungi Kaspersky Daily untuk mempelajari cara tetap aman selama Kejuaraan Eropa 2024.

Komentar kamu