Thursday, April 25, 2024
Berita Teknologi

Ini Dia Perangkat “Internet of Everything”

august lockJAKARTA, PCplus – IoT (internet of Things) makin mewabah. Dalam perjalanannya, bukan hanya things yang terkoneksi ke Internet, tapi everything. Karena itu muncul jargon baru: IoE (Internet of Everything). IoE sebenarnya sudah dimulai tahun 1920-an, saat manusia membayangkan lampu yang dapat menyala dan redup dengan sendirinya. Dan ini sudah terjadi saat ini.

Apa pun bisa terkoneksi ke Internet saat ini dan di masa depan. Gelang kesehatan, bohlam lampu, bahkan mobil yang terkoneksi ke Internet sudah bisa kita nikmati sekarang. Dan jumlah dan variannya akan terus bertambah. ABI Research memprediksikan, akan ada lebih 30 miliar perangkat terhubung secara nirkabel pada tahun 2020. Artinya, setiap orang di dunia memiliki kurang lebih empat perangkat yang saling terhubung.

Mau tahu apa saja produk IoE yang sudah bisa kamu nikmati tahun ini? Ini dia daftar perangkat yang difasilitasi oleh chip Qualcomm:

–         Speaker

Dengan speaker yang terhubung Internet, kamu bisa mengontrol, mengakses dan mendengarkan musik dengan cara yang berbeda. Pada Panasonics Multi-Room Hi-Fi Speaker System dengan teknologi Qualcomm AllPlay, kamu bisa mengatur lagu dari ruangan berbeda melalui satu aplikasi terpusat. Pun kamu tidak perlu menggunakan perangkat – sound system, perangkat mobile – dengan merek yang sama.

–        Panci pemasak

Kamu bisa mengatur Belkin’s Crock-Pot slow cooker dari jarak jauh dan menyesuaikan waktu dan suhu melalui aplikasi mobile Belkin via Wi-Fi atau koneksi 3G/ 4G. Kamu bisa memerintahkan untuk memulai makan malam dari kantor, tepat pada waktunya. Ketika kamu sampai di rumah, makan malam pun sudah siap!

 lifx bulb–        Lampu Pintar

Sistem pencahayaan canggih seperti LIFX dapat membuat kamu menyesuaikan warna, terang dan waktu via sebuah aplikasi pada smartphone. Software AllJoyn mampu menghubungkan lampu ke perangkat dan layanan lainnya. Lampu dapat diprogram untuk otomatis redup ketika kamu menonton film. Lampu kulkas bisa diatur agar menyala ketika pintu kulkas tidak sengaja dibiarkan terbuka.

–        Kunci Pintar

Merek kunci pintar seperti Lockitron, August dan Goji bisa mengubah smartphone-mu menjadi kunci nirkabel. Pintu rumah akan otomatis terbuka saat kamu memasuki rumah (selama ponsel tersebut bersamamu), dan kunci digital sementara dapat kamu berikan pada para tamu melalui smartphone mereka. Kuncimu bahkan akan menyimpan rekaman siapa saja yang datang dan pergi, bahkan ketika kamu tidak di rumah. Kunci pintar August dapat mengenali dengan mudah dan berkomunikasi dengan perangkat lainnya melalui AllJoyn. Contoh, kamu dapat mengatur pengeras suara untuk memperingati kamu setiap kali pintu depan dibuka.

–        Mobil Terhubung

Audi A3 sudah dikemasi modem Qualcomm Gobi dan prosesor Snapdragon. Penumpang mobil ini bisa mendapatkan hiburan, main game2D dari kursi belakang. Semetara onboard Wi-Fi hotspot memungkinkan kamu online setiap saat untuk streaming audio dan video. Keamanan dan keselamatan akan ditingkatkan, dengan fitur seperti remote untuk membuka dan mengunci mobil serta melaporkan lokasi secara otomatis saat kecelakaan terjadi.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Komentar kamu