Light Peak Diprediksi Gantikan USB 3.0

intellightpeak JAKARTA, JUMAT – Teknologi USB 3.0 belum lagi seumur jagung, eh sudah ada teknologi lain yang siap menggantikannya. Rekan senior Intel Kevin Kahn memprediksikan bahwa teknologi Light Peak lama-kelamaan akan menggantikan USB 3.0 sebagai standar industri.

Teknologi Light Peak, kata PC World, akan tersedia pada akhir tahun 2010. Sementara itu berbagai mitra Intel diharapkan sudah mengirimkan perangkat-perangkat Light Peak-enabled pada tahun berikutnya, 2011.

“Kami melihat ini sebagai penerus logis dari USB 3.0,” jelas Kahn. 

”Kami ingin memberikan kabel terakhir yang Anda butuhkan.”

Kahn bersikukuh bahwa tidak ada konflik antara dua teknologi “pelengkap” tersebut. Sebab Light Peak memperbolehkan USB dan protokol lain untuk jalan secara simultan pada satu kabel dengan kecepatan yang lebih tinggi.

“Kami berharap keduanya bisa hidup berdampingan di pasar dan mungkin di platform yang sama pada saat bersamaan,” tambah Kahn.

Bagi yang belum tahu, Light Peak adalah nama kode Intel untuk teknologi baru kabel optik kecepatan-tinggi yang dirancang untuk mengkoneksikan perangkat-perangkat elektronik melalui bus periferal. Teknologi ini menawarkan bandwidth tinggi, dimulai dari 10Gbps dengan potensi berkembang sampai 100Gbps.

Light Peak dimaksudkan menjadi pengganti universal bagi bus-bus yang ada sekarang, seperti SCSI, SATA, USB, FireWire dan HDMI. Dibandingkan bus-bus tersebut, Light Peak lebih cepat, lebih panjang jangkauannya, lebih kecil, dan lebih fleksibel dukungan protokolnya.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

2 thoughts on “Light Peak Diprediksi Gantikan USB 3.0

  • 16/04/2010 at 19:30
    Permalink

    wah ,
    makin lama emang teknologi itu makin berkembang jauh ya ,
    hebat banget sih intel dengan perkembangan teknologinya ,
    tapi moga aja masyarakat indonesia gak terlambat pas Light Peak dan masuk ke pasaran .

  • 17/04/2010 at 16:13
    Permalink

    wouh…tambah cepat aj nih klau mindahan data..gk ush nunggu lama2..

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.