Thursday, June 20, 2024
Berita Teknologi

Spesifikasi Bluetooth 4.0 Diumumkan

bt4.0JAKARTA, JUMAT – Coba teliti ponsel atau notebook kamu.  Berapa versi Bluetooth yang dipakai? Versi 2.0? Atau 2.1? Dua versi ini memang masih menjadi standar di banyak notebook.

Untuk ponsel pintar, sudah diumumkan kehadiran Bluetooth 3.0. Apa beda versi 2.0, 2.1 dengan 3.0? Bluetooth 3.0 mampu meminjam sinyal Wi-Fi yang ada di dekatnya untuk mempercepat transfer jika diperlukan. Sayangnya hal ini juga mempercepat terkurasnya daya baterai.

Bluetooth 3.0 belum menjadi standar utama, eh tahu-tahu hari ini diungkapkan adanya Bluetooth 4.0. Dalam sebuah pertemuan di Seattle minggu ini, Bluetooth Special Interest Group (SIG) memaparkan data tentang spesifikasi mendatang tersebut, yang akan menyasar produk-produk hemat daya yang akan lebih mengutamakan protokol penghemat daya dibandingkan protokol kecepatan-tinggi.

BT 4.0 akan diperkenalkan ke pasar pada akhir kuartal kedua tahun 2010. Dan akan memamerkan moda daya rendah yang dirancang untuk memampuan ekspansi teknologi pada skenario m-health, sport dan fitness, dan home entertainment yang banyak memanfaatkan perangkat berdaya baterai kancing.

“Bluetooth v4.0 membuka pintu bagi sejumlah pasar baru untuk para manufaktur Bluetooth dan produk seperti jam tangan, remote control, dan berbagai sensor medis dan rumahan. Banyak dari produk ini yang menggunakan baterai kancing yang harus bertahan bertahun-tahun, bukannya berjam-jam, sehingga produk itu juga akan mendapat keuntungan dari range yang lebih panjang akibat spesifikasi Bluetooth versi baru ini,” kata Michael Foley, Ph.D. (Executive Director dari Bluetooth SIG).

Produk-produk BT 4.0 diharapkan hadir di pasar pada akhir tahun 2010, atau awal 2011.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Komentar kamu