Tiga Printer Baru HP Dukung Scrapbooking

scrapbook

JAKARTA, SENIN – Penggunaan printer all-in-one, alias multifungsi untuk mencetak  dokumen di kantor adalah hal biasa.  Namun bukan berarti printer AIO tidak bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan lainnya.  “Bisa juga dipakai mencetak foto, atau brosur untuk restoran,” kata Alia Ochtora Dewi (Market Development Manager, IPG, HP Indonesia).

Alia menyebutkan adanya software-software yang bisa membantu menciptakan gairah dari kegiatan mencetak.  “Misalnya untuk customize album (foto),” tuturnya.  Contoh yang diperlihatkannya adalah scrapbooking. Scrapbooking adalah cara mengabadikan riwayat pribadi atau keluarga dalam bentuk foto, media cetak, atau memorabilia yang disimpan dalam album yang diberi hiasan, alias scrapbook.

Tentu saja kegiatan yang berhubungan dengan hobi ini harus didukung dengan kualitas cetak foto yang bagus, tanpa membuat kantong bolong.  Dan inilah yang ditawarkan HP melalui HP Officejet 4500/6500 dan Photosmart C4780.

Layaknya printer multifungsi, HP OfficeJet 4500 yang memiliki port USB dan Ethernet built-in bisa dipakai untuk mencetak, fax, scan, dan fotokopi. Officejet 4500 ini diklaim hemat daya, hanya 17 watt saat beroperasi. Cartridge tintanya pun bisa didaur ulang.

Sementara itu Officejet 6500 punya fitur Ethernet, Wi-Fi 802.11g. “Juga ada junk box blocker untuk memblokir nomor-nomor tertentu,” kata Alia. Printer ini hemat dari sisi operasional karena menggunakan tinta individual. “Kalau tinta magenta habis, tetap bisa mencetak selama cartridge-nya tidak dilepas,” ucap Alia.

HP Photosmart C4780 pun mengusung fitur nirkabel.  “LCD-nya 1,45” dan ada dua slot kartu memori. Dari layar, (pengguna) bisa pilih mau kasih frame, menghilangkan efek red-eye.,” kata Alia tentang keistimewaan printer yang menggunakan dua cartridge tinta HP 60 tersebut.  Di printer ini, pengguna cukup menyentuh layar. Kesalahan pencetakan foto bisa diminimalisir dengan HP Photo Print Gadget, sedangkan pengaturan di kertas dari Web melalui HP Smart Web Printing, dan kreasi via Windows Live Photo Gallery.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.