Asus: Harga Netbook Kami Akan Turun

Rex Lee: Akhir Juni harga Eee PC akan kompetitif
Rex Lee: Akhir Juni harga Eee PC akan kompetitif

TAIPEI, RABU – Acer dan HP. Dua nama ini meraja untuk urusan notebook consumer, termasuk netbook, di tanah air. Acer adalah jawara pasar, sedangkan HP duduk di peringkat kedua.

Lalu di mana peringkat Asus yang menjadi pionir netbook di tanah air? Produsen Taiwan ini duduk di peringkat 6, di bawah Lenovo. Begitu kata Rex Lee (Regional Director, SEA APAC, Asustek Computer Malaysia Sdn Bhd) di kantornya di Peitou, Taipei. Padahal untuk tingkat Asia Pasifik, Asus duduk di peringkat 4, dan di urutan ke 3 untuk tingkat dunia.

Menurut Rex, kendati terlambat masuk ke ajang notebook consumer, Asus berhasil tumbuh dengan cepat di seluruh dunia. Sayangnya di Indonesia, kemudian terjadi kesalahan. Asus tidak berhasil memanfaatkan peluang tersebut untuk menjadi pemimpin pasar.

Penyebabnya adalah kurang siapnya Asus mengantisipasi tuntutan pasar. “Ketika netbook pertama diperkenalkan dalam ukuran 7”, lalu terjadi peralihan ke ukuran 8,9” dan belakangan ke 10”, Asus masih menggunakan storage SSD. Di Eee PC 7”-nya, kapasitas SSD-nya ketika itu 4GB. Padahal pasar sudah pindah ke hard disk. Kita tidak bisa dengan cepat beralih stok,” cerita Rex.

Penyebab lain, harga produk Asus jauh lebih tinggi dibandingkan produk saingan-saingannya, khususnya Acer dan HP. Namun kondisi ini dijanjikan Rex akan berubah. “Akhir Juni harga Eee PC akan kompetitif.” Maksud Rex, harga notebook dan netbook Asus akan mendekati harga yang ditawarkan dua saingannya, Acer dan HP.

Contoh, Eee PC dengan prosesor Atom N450 dan layar 10,1” akan dijual dengan harga US$ 309 – US$ 399. Sementara saingannya, HP membandrol harga US$ 299 – US$ 389 dan Acer memberikan kisaran US$ 309 – US$ 399.

Kebijakan yang sama pun diterapkan di notebook. Alhasil, kata Rex, notebook Asus K40U (14,1”, Intel Pentium Duo Core, RAM 2GB, garansi 2 tahun) akan dijual dengan harga US$ 499. Ini tak jauh berbeda dengan harga Acer 4732Z yang mengemaskan RAM 1GB dan garansi 1 tahun. Untuk yang menggunakan  prosesor Intel Core i3 discrete VGA (Asus A42JR) juga ditekan sehingga mendekati Acer Aspire 4740G (US$ 699 vs. US$ 679).

Disesuaikannya harga notebook dan netbook Asus ini juga selaras dengan targetnya untuk menjadi merek notebook dunia No. 4 tahun ini, dan No. 3 di tahun 2011.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

9 thoughts on “Asus: Harga Netbook Kami Akan Turun

  • 14/06/2010 at 10:34
    Permalink

    sukses buat ASUS mudah2 an bisa berkompetisi degnan merek lain

  • 12/08/2010 at 20:53
    Permalink

    pengen bgt pny ni laptop.. syg dana’y ngk nyampe.. klo aj msh d rentang 5jt’n psti laku keras dgn spek yg menurut gue keren bgt..hehe

  • 05/11/2010 at 11:40
    Permalink

    aq juga berdoa y mas agar harga asus semakin menurun.
    amiiiiiiin. kalo aple juga turun aq tambah senang sekali. hidup machintosh indonesia

  • 02/01/2011 at 22:02
    Permalink

    Pasar netbook kalau nggak salah justru ASUS lah yang pertama kali bikin Netbook.Meskipun waktu itu HD nya hanya 4GB…tapi sekarang kliatannya makin bagus deh. Sukses buat ASUS

  • 03/01/2011 at 21:23
    Permalink

    dulu beli notebook asus ja adanya di jogja..solo gak ada,saking mahalnya.
    hotspotan di mall PD tingkat tinggi.haa

  • 03/01/2011 at 21:24
    Permalink

    dulu beli notebook asus ja adanya di jogja..solo gak ada,saking mahal n eksklusifnya.
    hotspotan di mall PD tingkat tinggi.haa

  • 14/01/2011 at 02:04
    Permalink

    saya dukung klo asus turun harga. soalnya saya pengguna asus.hidup ASUS!!!

  • 17/03/2011 at 17:36
    Permalink

    ..saya pengguna asus..
    ..saya jg merekomendasikan asus ke teman2..
    ..aku dukung asus turun harga..!!

  • 07/04/2011 at 16:20
    Permalink

    gimana mau beli notebook atau laptop, duit gw aja ngepas bwt bayar kuliah, sampe dikampus gw bawa bekal nasi di kotak nasi, menderita………. bgt deh.
    hidup gw prihatin banget ya, pengennya sih punya laptop toshiba atau merk hp, tapi gak kesampean mahal bgt tuh, ada rencana gw bakal bli notebook merk hp sama sekalian bli modemnya sama tinta infus, semoga impian gw tercapai tuk membeli notebook merk hp sm modem telkomsel flash and printer infus, ntar deh abis bayaran sks semester 7, kayaknya kebeli deh. asal jgn kebanyakan shopping baju atau yg gak berguna lainnya deh. pasti notebook kebeli dah sm gw , dengan menggunakan uang tabungan gw sendiri, ayo cayo aku pasti bisa, cayo artinya ayo semangat tau,

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.